Pondok Penghafal Quran Ini Punya Koleksi Al Quran dari Berbagai Belahan Dunia

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pondok Pesantren Penghafal Quran Pondok Suluh Melayu di Gambiran Umbulharjo memang baru menyelesaikan tahapan pembangunan gedung dan baru akan menerima empat hingga enam santri saja. Namun, siapa sangka pondok itu memiliki koleksi menarik Al Quran dari berbagai negara dengan bahasa tersendiri.

H Mahyudin Al Mudra, pembina pondok tersebut punya kegemaran unik yang dilakoni sejak 2004. Ia rajin berkeliling dunia dan mengumpulkan Al Quran dari berbagai negara dengan terjemahan bahasa masing-masing.

Tak kurang Al Quran dari tujuh bahasa terjemahan pertama telah berhasil dikumpulkan yakni Latin, Italia, Perancis, Inggris, Jerman, Belanda, Rusia dan Cina. Tak hanya itu, ia juga mengoleksi banyak terjemahan Quran dari berbagai negara lain di beberapa benua seperti Belanda, Turki, Hongaria, India, bahkan hingga Mongolia.

“Saya kumpulkan dari tahun 2004 saat saya bepergian ke beberapa negara, saya tertarik untuk mengumpulkan Al Quran dari negara-negara itu. Alhamdullilah sekarang sudah cukup banyak. Saya memang bercita-cita bisa punya museum yang juga pondok untuk penghafal Quran,” ungkapnya ketika berbincang, Senin (19/4/2021).

Tak hanya dari melancong saja, Quran dari berbagai belahan dunia ternyata juga datang dengan sendirinya ke tangan Mahyudin. Betapa tidak, handai taulan dan rekan yang berada di luar negeri kerap memberikan Quran kepadanya dengan cuma-cuma.

“Saya tidak bisa selalu pergi sendiri untuk mendapat Al Quran lalu pulang lagi. Namun ternyata banyak yang kemudian memberikan pada saya, mereka bahkan tidak mau ditukar uang untuk beli, ya hal-hal baik itu muncul dari niat baik,” tandas dia.

BERITA REKOMENDASI