Pos Indonesia Fasilitasi Pengiriman Sampel Produk UMKM DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Pos Indonesia mencatat ada pertumbuhan pengiriman barang terutama produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY setidaknya mencapai 15 persen ke luar negeri selama pandemi Covid-19. Pihaknya senantiasa berupaya memfasilitasi pemasaran sekaligus pengiriman produk-produk UMKM setempat guna mendukung pemulihan perekonomian di daerah yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Kantor Pos Yogyakarta Arif Yudha Wahyudi mengatakan pengiriman barang ke luar negeri dari DIY sedang meningkat. Barang yang dikirim via Pos ini sebagian besar adalah produk kerajinan dari para pelaku UMKM, tetapi rata-rata masih berupa sampel atau contoh.

“Kami sudah banyak memfasilitasi pengiriman contoh produk barang dari UMKM DIY ke luar negeri saat ini. Tujuannya mengenalkan contoh produk-produk yang dihasilkan dan begitu pembeli merasa cocok maka produsen akan mengirimkan barang dengan jumlah besar tetapi tidak melalui pos,” tuturnya di Yogyakarta, Senin (14/06/2021).

Arif menjelaskan kiriman ritel via Pos Indonesia ke luar negeri mengalami kenaikan 15 persen saat ini. Kiriman ritel tersebut mayoritas adalah produk sampel dari UMKM DIY sehingga tidak dikirim dalam jumlah besar seperti ekspor. Pihaknya telah memiliki layanan ekspor sejak dahulu, namun masyarakat lupa dan menganggap pengiriman via Pos Indonesia hanya untuk pengiriman barang di dalam negeri semata.

“Kita ingatkan lagi, Pos Indonesia memiliki layanan internasional sejak dulu dan telah terhubung dengan Universal Postal Union (UPU). UPU adalah forum utama kerja sama antar operator pos negara untuk memastikan tersedianya jejaring pengiriman barang, produk dan layanan terbaru secara internasional,” paparnya.

Pos Indonesia melayani pengiriman barang ke luar negeri melalui Pos Expor dan Quick International Xpress (QIX) yang baru diluncurkan pada akhir 2020 lalu. QIX merupakan bentuk pengembangan produk layanan kiriman luar negeri surat dan paket milik Pos Indonesia dengan Value Proposition kepastian waktu tempuh kiriman.

“Keunggulan layanan ini adalah money back guarantee bagi jenis same day service, next day service dan time certain service. Pebisnis online atau masyarakat juga dapat melakukan permintaan penjemputan secara gratis untuk layanan ini ditambah keunggulan lain berupa track and trace barang,” terangnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI