Posko Pendukung Covid-19 BPBD DIY Dibubarkan, Relawan Fokus Bencana Lain

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY memutuskan untuk menutup posko pendukung Covid-19 yang ada di BPBD DIY, Rabu (26/8/2020) besok. Para relawan yang telah bekerja 24 jam selama enam bulan akan dialihkan untuk penanganan bencana lain di wilayah DIY.

Wakil Ketua Sekretariat gugus penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana mengungkap pihaknya telah melakukan evaluasi selama enam bulan. Peran masing-masing pihak termasuk BPBD kabupaten/kota dirasa telah berjalan dengan baik terkait pencegahan, penanganan dan dukungan pemakaman pasien-pasien Covid-19.

“Kita akan kembalikan ke fungsinya, terkait pengantaran jenazah menjadi tugas rumah sakit, pemakamaman menjadi tugas BPBD Kabupaten/Kota termasuk satgas desa. Kami di Pemda, dengan tim yang ada mendukung saja. Gugus tugas di kabupaten/kota berjalan dengan baik. Supervisi dan cipta kondisi dalam penanggannan jenazah, dekontaminasi berjalan dengan baik, rumah sakit paham melakukan apa, satgas desa melakukan apa, September mulai berjalan,” ungkap Biwara pada wartawan Selasa (25/8/2020).

BERITA REKOMENDASI