Potong Anggaran Kunjungan Dinas, DPRD DIY Janji Lebih Dekat ke Masyarakat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD DIY menggelar rapat paripurna pengesahan pimpinan dewan Kamis (3/10/2019) siang. Empat pimpinan yakni Nuryadi (Ketua, PDI Perjuangan), Huda Tri Yudiana (Wakil Ketua, PKS), Suharwanta (Wakil Ketua, PAN) dan Anton Prabu Semendawai (Wakil Ketua, Gerindra) resmi disahkan dalam rapat yang juga dibarengi pelantikan susulan satu anggota dewan, Yoserizal dari Gerindra ini.

Kepada wartawan usai disahkan, Ketua DPRD DIY Nuryadi mengatakan tugas terdekat pimpinan kini membentuk tata tertib dan mengesahkan agar nantinya bisa melangkah ke pembentukan alat kelengkapan dewan. Ditargetkan, tata tertib akan selesai sekitar dua minggu kedepan setelah dikonsultasikan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)

“Ini Senin lusa (dua minggu lagi) target sudah selesai. Ini minggu depan akan dibawa ke Kemendagri untuk dikonsultasikan, kalau tidak ada masalah ya cepat,” ungkapnya.

Nuryadi kembali menegaskan komitmen DPRD DIY periode 2019-2024 untuk lebih dekat dengan masyarakat. Dewan pun menyatakan akan memotong kunjungan kerja luar daerah hingga maksimal 76 kali dalam setahun, di mana diketahui anggaran akan dihemat hingga Rp 17 miliar pertahun.

“Kalau angka rinci yang dihemat saya kurang tahu detailnya, tapi kalikan saja tiket pesawat dan akomodasi untuk 55 anggota dewan, kali sekian. Saya tidak mau membandingkan dengan periode sebelumnya tapi maksimal kami hanya 76 kali dalam satu tahun, itu maksimal,” ungkap Nuryadi.

Sementara Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menambahkan dewan siap bekerja 7 hari dalam seminggu untuk menjalankan tugas legislasi. Kebijakan tujuh hari kerja ini telah dibahas bersama dan disetujui anggota dewan lainnya.

“Kami akan sering terjun langsung menyapa masyarakat, melihat dan mendengar apa yang dirasakan masyarakat. Pimpinan sudah sepakat siap melaksanakan tujuh hari kerja untuk DPRD periode 2019-2024,” ungkap Huda.

Sebelumnya Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan di rapat paripurna mengharapkan DPRD DIY periode 2019-2024 lebih berani mendengarkan aspirasi satu per satu anggotanya. Pasalnya, beberapa waktu terakhir kebijakan partai politik begitu kentara dalam mempengaruhi keputusan dalam fraksi yang ada di DPRD DIY. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI