PPDB Kota Jogja Gunakan Nilai Rapor dan Indeks Sekolah

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 jalur mutu dan prestasi di Kota Yogyakarta akan menggunakan nilai rapor dan indeks sekolah. Bobot untuk penilaian rapor ditetapkan mencapai 60 persen. Hanya tiga mata pelajaran yang menjadi dasar penghitungan nilai rata-rata rapor untuk PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Asrori mengutarakan, proporsi penghitungan nilai rapor untuk PPBD adalah 60 persen dan indeks sekolah 40 persen. Nilai rapor yang menjadi perhitungan adalah pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA semester. Nilai pelajaran dalam rapor yang diambil adalah nilai sejak semester 7 sampai 11 atau sejak kelas 4 hingga kelas 6.

“Bobot angka persentasi nilai rapor dan indeks sekolah itu berdasarkan hasil simulasi. Dari nilai rapor dan indeks sekolah yang mendekati ideal komposisinya nilai rapor 60 persen,” kata Budi, Rabu (13/5) seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Pihaknya menegaskan indeks sekolah diperluan sebagai alat untuk koreksi nilai rapor karena standar penilaian rapor tiap sekolah berbeda. Indeks sekolah itu berdasarkan rata-rata nilai USBN di SD selama tiga tahun terakhir.

BERITA REKOMENDASI