PPDB SMA/SMK DIY Gunakan Model Nilai Gabungan, Boleh Tanpa ASPD

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Model seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK DIY kian terang, yakni dengan penggunaan nilai gabungan. Sedangkan sumber nilai gabungan tersebut dari hasil Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) SMP, nilai rapor dan nilai akreditasi sekolah. Nilai gabungan ini digunakan untuk 4 jalur yang disediakan, yakni zonasi, perpindahan orang tua, afirmasi dan prestasi.

“Pergub tentang PPDB ini telah terbit. Sehingga jadi pegangan untuk sistem seleksinya. Salah satunya, penggunaan ASPD yang menjadi pertimbangan dalam seleksi. Meski demikian, ASPD tidak menjadi syarat untuk siswa mendaftar ikut PPDB. Jadi saat mendaftar, tanpa ASPD dibolehkan. Namun nanti akan berpengaruh pada jumlah nilai gabungannya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya kepada KR, Rabu (9/6).

Mundurnya penerbitan Pergub ini, karena drafnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu oleh Kemendagri. Namun demikian, penjelasan mengenai tahapan PPDB sudah disosialisasikan, termasuk pembagian zona, hingga tahapan di website ppdb.jogjaprov.go.id.

Dijelaskan Didik, seperti sudah disosialisasikan sebelumnya, kuota jalur PPDB yakni 55 persen untuk jalur Zonasi, 5 persen untuk zona perpindahan orang tua, 20 persen untuk jalur afirmasi dan 20 persen lainnya untuk jalur prestasi. Jika nantinya, kuota jalur afirmasi dan jalur pindah orang tua tak terpenuhi, maka siswa kuota dialihkan ke jalur prestasi. “Jadi komposisi jalur prestasi bisa lebih besar, dari kuota yang ditentukan,” ujarnya.

Sedangkan bagaimana basis seleksinya, serta komposisi pembentukan rerata nilai gabungan ada dalam grafis di halaman ini. “Dalam PPDB di DIY ini, tetap membuka pintu bagi siswa luar DIY. Mereka bisa masuk lewat jalur prestasi, maupun jalur pindah tugas orang tua,” ujar Didik sambil menambahkan bahwa DIY sudah dikenal sebagai pusat pendidikan, sehingga sejak dulu berdatangan warga dari luar daerah.

BERITA REKOMENDASI