PPDB SMA/SMK DIY Gunakan Model Nilai Gabungan, Boleh Tanpa ASPD

Editor: KRjogja/Gus

Dikemukakan Didik, PPDB berbasis online di ppdb.jogjaprov.go.id. Nanti setiap calon mengajukan akun baru. Sedangkan pengajuan akun untuk mendapatkan Pin atau Token dimulai tanggal 21-24 Juni 2021. Lebih lengkapnya proses pendaftaran lihat grafis.

Sebelum pelaksanakan pengambilan token, sebetulnya sudah ada tahapan yang sudah dilakukan, yakni pengecekan data (8-10 Juni), verifikasi dokumen untuk prestasi non akademik, keluarga tidak mampu dan perpindahan orang tua.

Sejauh ini fasilitas atau perangkat jaringan yang berkaitan PPDB telah disiapkan. Harapan terjadinya gangguan teknis (jaringan) bisa diminimalisir sejak awal. “Menjelang pelaksanaan seleksi PPDB jenjang SMA/SMK sejumlah persiapan terus kami lakukan. Khususnya yang berkaitan dengan fasilitas pendukung seperti jaringan. Guna mengantisipasi adanya kerusakan atau gangguan teknis saat PPDB, kami melakukan kerjasama dengan Dinas Kominfo berkaitan dengan server. Selain itu kami juga bekerjasama dengan pihak lain untuk memback up sistem PPDB supaya jangan sampai di hack. Karena jika sistem PPDB sampai di hack bisa menimbulkan terjadinya kekacauan,” kata Didik.

Diungkapkan, meski pelaksanaan PPDB dilakukan secara online, tapi pihaknya tidak bosan mengingatkan masyarakat khususnya orangtua siswa untuk selalu mengedepankan penegakkan Prokes. Karena berdasarkan pengalaman selama ini meski menggunakan sistem online ada beberapa orangtua siswa yang memilih untuk datang langsung ke sekolah.

Sementara itu Kepala SMAN 9 Yogyakarta, Drs Jumadi MSi menyatakan, meski PPDB dengan model zonasi bukan hal baru bagi sekolah, tapi untuk mengantisipasi adanya kesalahan persepsi, sekolah berharap kebijakan baru segera disosialisasikan, begitu pula untuk soal kesiapan server dari Disdikpora DIY.

Kepastian tentang kesiapan server diperlukan untuk mengantisipasi adanya gangguan saat pelaksanaan PPDB. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 seperti sekarang persiapan harus lebih dimatangkan. Oleh karena itu pihak berharap segera ada sosialisasi resmi dari Disdikpora DIY. Begitu pula untuk kesiapan server yang dipergunakan dalam PPDB harus dipastikan benar-benar aman. (Jon/Ria)

 

BERITA REKOMENDASI