PPKM Darurat Mulai Dilaksanakan Hari Ini

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY siap melaksanakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Pulau Jawa dan Bali mulai Sabtu (03/07/2021) hari ini hingga 20 Juli 2021 mendatang. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) DIY No 17/INSTR/2021 pada 2 Juli kemarin, sebagai tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri terkait pelaksanaan PPKM Darurat.

Dengan PPKM Darurat, diharapkan dapat membatasi mobilitas masyarakat. Karena selama PPKM Mikro sebelumnya, tidak dipungkiri mobilitas masyarakat masih sulit dikendalikan.

”Supaya PPKM Darurat bisa dilaksanakan dengan baik, saya berharap bagaimana masyarakat lebih punya kesadaran dan kemauan untuk tidak egois. Bisa menahan diri, kalau tidak perlu, tidak usah meninggalkan rumah. Sesuai arahan Pemerintah Pusat, Pemda DIY akan membatasi aktivitas di ruang publik secara ketat,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sultan mengatakan, beberapa aturan akan diperketat untuk membatasi mobilitas masyarakat guna menurunkan kasus Covid19. Ada beberapa pengetatan yang wajib dilakukan dan diikuti masyarakat.

Hal itu pasti tidak mudah atau menyulitkan, namun tidak ada pilihan lain, karena kasus terus melonjak tak terkendali. Pengetatan itu di dalamnya termasuk penutupan tempat wisata hingga pusat perbelanjaan. (*)

BERITA REKOMENDASI