PPKM Tahan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi DIY Triwulan III 2021

Editor: Agus Sigit

” Meskipun demikian, langkah pemerintah melakukan pembatasan aktivitas melalui PPKM tersebut terbukti berdampak menurunkan kasus pada gelombang kedua Covid-19. Diperlukan disiplin penegakan protokol kesehatan untuk dapat tetap mempertahankan penyebaran kasus yang rendah tersebut. Selain itu, capaian vaksinasi DIY yang termasuk salah satu yang tercepat se-Indonesia juga sangat kami apresiasi, sebagai kunci utama dalam mewujudkan tren keberlanjutan pemulihan ekonomi DIY,” ungkapnya.

Sementara itu dari sisi lapangan usaha, Miyono menambahkan penurunan kinerja terjadi pada 3 sektor utama di DIY, yaitu LU Pertanian, LU Penyediaan Akomodasi Makan Minum dan LU Industri Pengolahan. Di sisi lain, selaras dengan pertumbuhan pada investasi, LU Konstruksi juga melanjutkan tren pertumbuhan positif pada triwulan III 2021.

” Pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan senantiasa menjadi perhatian utama dalam perumusan kebijakan BI. Bersama dengan Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI akan terus melakukan perumusan kebijakan secara prudent dan akuntabel, sehingga dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional maupun dapat menopang pertumbuhan ekonomi DIY agar tetap berdaya tahan,” pungkasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI