PPM Muhammadiyah Latih Kemandirian Musyrifah PAY Putri Aisyiyah Yogyakarta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM – Muhammadiyah) menggelar pelatihan bagi para Musyrifah Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Pelatihan diberikan untuk membentuk kemandirian ekonomi dip anti asuhan, khususnya di Panti Asuhan Yatim Putri Yogyakarta. Kegiatan digelar di Balai Latihan Ketrampilan Panti Asuhan Yatim Putri (BLK PAY) ‘Aisyiyah Yogyakarta

“Untuk kegiatan ekonomi dan menambah wawasan berbisnis bagi Musyrifah Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Ini dalam upaya mendukung kemandirian ekonomi Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah dengan mengembangkan berbagai produk camilan di PAY Mart melalui kegiatan Pengemasan, pelabelan, dan pembuatan produk camilan sendiri,” kata Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, Ir Lestari Rahayu MP

Menurutnya efisiensi merupakan prinsip ekonomi khususnya dalam pemasaran produk. Oleh karena itu diperlukan perbaikan dalam mengelola sebuah usaha. “Pengemasan (packaging),pelabelan, dan pembuatan produk sendiri menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan agar keuntungan yang diperoleh menjadi lebih maksimal,” katanya didampingi anggota tim yang terdiri dari Dr Ir Nur Rahmawati MP, Ir Diah Rina Kamardiani MP.

Ia menambahkan camilan merupakan produk yang menjadi kebutuhan disela sela konsumsi makanan pokok sehari-hari baik untuk diri sendiri maupun sebagai oleh-oleh untuk handai taulan dan kerabat. Kemasan packaging yang baik hendaknya dapat menjadi media komunikasi promosi yang mendongkrak penjualan, karena packaging pada saat ini mengalami pergeseran fungsi yang awalnya hanya melindungi sebuah produk, kini berfungsi sebagai identifikasi sebuah merk dagang.

Perkembangan packaging akhirnya menjadikan bagian ujung tombak dari promosi suatu produk yang akhirnya berfungsi meningkatkan nilai jual produk Kegiatan Pengemasan, pelabelan, dan pembuatan produk camilan sendiri sangat mendukung kemandirian ekonomi Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah yang sudah mengembangkan berbagai usaha Mandiri salah satunya adalah Mini Market PAY (PAY Mart) yang terletak di Jalan H Agus Salim.

“Harapannya, dengan dilakukannya kegiatan pengabdian ini PAY-Mart makin berkembang dan dapat menjadikan usaha ini sebagai kegiatan ekonomis bagi Musyifah Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta,” imbuhnya.

Sebagai rangkaian kegiatan ini, tim pengabdian juga mengadakan kegiatan sosialisasi terkait masalah hiegienisnya dan bagaimana usaha ini mempunyai P-IRT dengan nara sumber dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Bapak Eko Rahmadi, SKM, MPH selaku Kepala Seksi Sertifikasi dan Lisensi Kesehatan, pelatihan membuat beberapa snack camilan yang halal dan thoyyiban, mengikuti E-Course wonderful packaging dan lomba membuat logo dan kemasan untuk camilan produk PAY-Mart.

Sosialisasi Kegiatan dan PIRT 27 Maret 2021, E-Course Wonderful Packaging 10 April 2021 Pembuatan camilan 11 April 2021, Sosialisasi Lomba Logo dan Kemasan Camilan PAY Mart 7 Mei 2021. Kegiatan dilakukan di BLK Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Yogyakarta yang terletak Jalan H Agus Salim Yogyakarta.

“Kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat respon yang sangat baik dan dirasakan sebagai sesuatu yang bermanfaat, selain sebagai pengembangan usaha PAY Mart juga bisa untuk menambah ilmu berbisnis bagi para Musyrifah PAY Putri AIsyiyah apabila sudah keluar dari panti,” kata Ketua BPH PAY Putri Aisyiyah, Wiwid Widiastuti SAg didampingi Pimpinan PAY-Mart, Dra Jamilah Busyairoh. (*)

UMY

BERITA REKOMENDASI