PPPUD UNY Dampingi PT Wastraloka : Berubah dan Berbenah, Target Go International

YOGYA (KR) – Tim pengabdi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dalam Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) di PT Wastraloka Indo Kreasi yang berada di Klaten. Tim PPPUD terdiri tiga dosen pendamping, terdiri dua dosen dari Fakultas Teknik, yaitu Ir Rustam Asnawi, M.T., PhD. dan Dr. phil. Nurhening Yuniarti, M.T., serta satu dosen dari Fakultas Bahasa dan Seni, yaitu Ismadi, M.Pd.

Program PPPUD sudah berjalan tiga tahun, sejak 2018, dengan beberapa target pencapaian yang ditetapkan. Bidang yang menjadi prioritas dari tim pengabdi, yaitu: produksi, manajemen,SDM, dan pemasaran.

Selama pendampingan, berbagai kemajuan dicapai oleh Wastraloka. Mulai dari peningkatan kapasitas produksi melalui perbaikan SOP dan penambahan alat dan teknologi produksi, kualitas SDM yang makin profesional, lahirnya berbagai diversifikasi produk untuk pasar dalam negeri dan mancanegara, jangkauan pemasaran semakin luas baik on line maupun offline, peningkatan manajemen perusahaan dan kualitas produk, serta cara penyiapan dokumen ekspor. Kini dengan berbagai kemajuan tersebut, produk Wastraloka tidak hanya diterima di dalam negeri, bahkan telah menembus pasar ekspor ke mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Korea, Australia, dan Belanda.

BERITA REKOMENDASI