PPSMB UGM Resmi Dibuka Secara Luring

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2022 resmi dibuka Senin (01/08/2022) di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM. Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, PPSMB kembali diselenggarakan secara luring di kampus UGM.

“Selamat datang kepada seluruh Gadjah Mada Muda, yang telah hadir di lapangan Pancasila ini dengan wajah berseri dan bersemangat tinggi. Dalam penuh rasa bangga, kami menyambut kehadiran kalian semua, sosok generasi unggul, yang terbaik, dan terpilih, untuk bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada,” kata Rektor UGM Prof dr Ova Emilia MMed Ed SpOG (K) PhD.

Kegiatan orientasi dan pengenalan kampus ini diikuti oleh mahasiswa baru UGM yang pada tahun ini berjumlah 9.833 mahasiswa. Jumlah tersebut terdiri atas 8.215 mahasiswa program Sarjana dan 1.618 mahasiswa program Sarjana Terapan, yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi.

Pada tahun ini, PPSMB UGM mengusung tema ‘Bakti Gadjah Mada, Pilar Intelektual Nusantara’. Rektor menerangkan, momentum PPSMB menjadi langkah awal bagi para Gadjah Mada Muda untuk memperkuat karakter ‘Sang Juara’ yaitu pribadi yang santun, adil, nasionalis, gembira, jujur, unggul, amanah, religius, dan andal.

Harapannya, para Gadjah Mada Muda akan mampu mengembangkan kecerdasan, kemampuan berpikir kritis, analitik, dan solutif, serta menjadi pribadi berkarakter selama menempuh pendidikan.

Dalam upacara pembukaan PPSMB kali ini, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, turut hadir untuk menyampaikan orasi. Ia mengungkapkan bahwa pilihan mereka untuk datang ke Yogyakarta sebagai destinasi edukasi yang menjadi Nusantara Cultural Melting Pot akan membentuk karakter anak bangsa menjadi insan-insan cendekia sekaligus berbudaya.

Ia juga mengutarakan pentingnya kehadiran ruang dialog budaya dan ruang publik kebudayaan ruang dialog budaya dan ruang publik kebudayaan. “Dengan menyelenggarakan Dialog Publik dan membangun ruang-ruang publik pada gilirannya akan memperkaya semangat ke-Indonesiaan kita,” ungkapnya.

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari, 1-6 Agustus 2022. Selanjutnya pada 7-13 Agustus 2022 mahasiswa akan mengikuti aktivitas praktik yang disebut sebagai Action Plan. PPSMB UGM terdiri dari rangkaian kegiatan PPSMB Universitas, PPSMB Soft Skills, dan PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi. (Dev)

UGM

BERITA REKOMENDASI