Prajurit Ajak Warga Bantaran Cintai Sungai

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembangunan talud Sungai Gajahwong menjadi salah satu sasaran program fisik TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Selain itu pembersihan terhadap sungai terbesar ketiga di Kota Yogyakarta itu juga menjadi fokus yang akan dikerjakan prajurit selama TMMD.

Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah mengungkapkan, pemandangan kumuh serta rumah-rumah yang berdiri atas bantara masih bisa ditemui di kawasan Sungai Gajahwong. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan bila sewaktu-waktu turun hujan sehingga mengakibatkan banjir.

“Idealnya bantaran sungai harus steril dari permukiman. Hal ini menjadi permasalahan yang harus kita cari solusinya bersama. Sementara hal itu berjalan kami akan melakukan pembangunan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi luapan air sungai yang mengakibatkan banjir,” tegasnya di Makodim Yogyakarta, Rabu (21/03/2018).

Selain pembangunan fisik, yang akan kami lakukan yakni memberikan penyuluhan serta pemahaman kepada masyarakat sekitar bantaran. Pola hidup dengan bersama-sama merawat sungai juga harus kembali diberikan kepada masyarakat agar kawasan kali benar-benar menjadi asri dan bersih.

“Kegiatan TMMD Reguler ke-101 dari Kodim Yogyakarta ini dapat sebagai sarana untuk kembali mencintai lingkungan alam. Pandangan buruk terhadap sungai lama-kelamaan akan hilang, semua dimulai dari infrastruktur yang baik dan memadai sehingga dapat memenuhi sasaran yang di tetapkan,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI