Prajurit Bersihkan Komplek Makam RM Soerjopranoto

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta membersihkan komplek makam di Kampung Gambiran Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, Jumat (20/04/2018). Di pemakaman umum ini bersemayam Raden Mas (RM) Soerjopranoto yang merupakan kakak dari Ki Hajar Dewantara.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734 Yogyakarta Mayor (Inf) Munasik mengatakan, RM Soerjopranoto juga merupakan pahlawan nasional. Seperti halnya sang adik Ki Hajar Dewantara, RM Soerjopranoto mengabdikan hidupnya untuk berjuang di dunia pendidikan.

Semasa hidup RM Soerjopranoto sangat dihormati warga dan menjadi salah seorang sesepuh. Selain menekuni pendidikan, RM Soerjopranoto juga aktif dalam dunia pergerakan dan pernah bergabung dalam Boedi Oetomo, Perasuransian Jiwa O.L.Mij Boemi Poetera dan Barisan Kerja Adhi Dharma.

Di komplek ini para prajurit membersihkan rerumputan liar dan memungut sampah yang bertebaran di sekitar makam. Mereka juga mengecat dinding komplek makam dengan cat warna putih agar nampak bersih serta membentangkan kain warna merah putih sebagai makna perjuangan. (Van)

BERITA REKOMENDASI