Predikat Kota Pendidikan Jadi Daya Tarik Yogyakarta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Predikat Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dari luar daerah untuk menuntut ilmu. Agar pendatang yang ingin menuntut ilmu bisa merasa nyaman, pengelola Perguruan Tinggi (PT) termasuk PTS harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menjaga netralitas kampus. Kendati demikian, PT diharapkan aktif memberikan kontribusi untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilu.

”Untuk memudahkan koordinasi antar pengelola PTS di DIY, saat ini sudah ada Paguyuban Kemahasiswaan Yogyakarta (PKJ) 35. Selain membuat program berkaitan dengan kegiatan mahasiswa di kampus, PKJ 35 harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mempertahankan predikat Yogyakarta sebagai kota pendidikan,” kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah V, Dr Bambang Supriyadi CES DEA.

Bambang mengungkapkan, peningkatan kualitas dan layanan pendidikan menjadi salah satu prioritas yang dilakukan oleh pengelola PTS di DIY. Adapun bentuknya dengan berusaha menciptakan suasana aman dan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat maupun kreativitas yang dimiliki pada kegiatan positif.

Sehingga adanya perkelahian, penyebaran paham radikal sampai kegiatan politik praktis di lingkungan kampus bisa dihindari. Karena keberadaan kampus sebagai lembaga pendidikan dituntut harus netral. (Ria)

BERITA REKOMENDASI