Presiden Ukraina Bakal Kunjungi DIY

YOGYA (KRjogja.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY tengah fokus menerima kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko di DIY awal Agustus 2016 ini. Terkait kerjasama keduanya, Pemda DIY menunggu penawaran dari Presiden Ukraina nantinya setelah tiba di DIY.

"Kita akan fokus menerima kunjungan Presiden Ukraina dulu, kalau masalah kerjasama bisa dibicarakan nantinya oleh pusat. DIY kan tidak bisa kerjasama dengan negara tanpa melalui Pemerintah Pusat," ujar Gubernur DIY,  Sri Sultan Hamengku Buwono X usai menerima kunjungan
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Volodymyr Pakhil di Kompleks Kepatihan, Senin (25/7/2016).

Sultan HB X mengatakan kemungkinan kerjasama DIY dengan Ukraina nantinya bisa dilakukan melalui perguruaan tinggi dan sebagainya."Kita belum melangkah untuk kerjasama, kita tunggu dulu kepastian dari Presiden Ukraina dalam kunjungannya nanti maunya gimana nantinya," tambahnya.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Volodymyr Pakhil menyampaikan pihaknya tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa bekerjasama dengan DIY. Kerjasama tersebut khususnya untuk bidang sosial dan budaya.

"Sangat terbuka lebar kesempatan untuk menjalin kerjasama antara Ukraina dengan Indonesia maupun DIY. Terutama kerjasama sosial budaya mengingat DIY memiliki banyak keunggulan terutama budaya," pungkas Pakhil. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI