Pria Ini Selalu Naik di Atas Gunungan Kraton, Siapa Sih Dia?

YOGYA (KRjogja.com) – Seorang pria berbadan kekar selalu saja tampak saat kita mengabadikan prosesi 'ngalap berkah' gunungan Kraton Yogyakarta di Halaman Masjid Gede Kauman. Namun, siapa sebenarnya pria tersebut dan mengapa ia selalu berada di paling atas gunungan dan mengambil bagian kepala gunungan?

KRjogja.com, Kamis (7/7/2016) usai grebeg Syawal akhirnya bisa mewawancarai pria yang kemudian memperkenalkan diri bernama Rahmat Rifai Wardani (32). Ia merupakan warga asli Yogyakarta dan tinggal di wilayah Kauman, tak jauh dari masjid Gede.

Begitu kaum masjid selesai memanjatkan doa, dengan bergegas Rifai memanjat gunungan kakung dan langsung meraih kepala gunungan yang dipercaya membawa berkah. "Saya percaya saja bagian atas gunungan punya berkah yang banyak, jadi saya ambil," ungkapnya.

Berada di atas gunungan dan sudah mendapatkan bagian yang diinginkan, Rifai tak lantas turun namun membagikan bagian lainnya untuk warga masyarakat yang tak bisa mendekat lantaran keadaan yang sangat ramai. "Saya bagikan juga karena berkahnya untuk banyak orang jadi berbagi berkah," imbuhnya.

Rifai bercerita bahwa ia sudah lebih dari enam tahun selalu berada di puncak gunungan saat grebeg tiba. Paling tidak tiga kali setahun ia selalu ngalap berkah gunungan Kraton.

"Sudah enam tahun ini kira-kira saya ikut ngalap berkah dan selalu di atas. Pikiran saya pokoknya naik dulu, nanti yang lain bisa saya bagi-bagikan," lanjutnya lagi.

Bagian gunungan tersebut nantinya akan diletakkan di dalam rumah sebagai penolak bala atau hal-hal buruk. "Saya sudah membuktikan, tidak tahu mengapa tapi meski gaji kecil tapi hidup saya berkecukupan, mungkin berkah gunungan dan saya percaya," kisah pria ini.

Nah, ternyata pria yang ada di hampir semua foto berita TV, koran dan online bahkan sosial media ini ternyata bernama Rifai. Siapa yang mau ngalap berkah bersama Rifai di atas Gunungan Kraton, mungkin bisa berbagi tempat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI