Pribadi Sederhana Berkualitas Internasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Magister Ilmu Agama Islam (MIAI) dan Program Studi Doktor Hukum Islam (DHI), Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia UII (FIAI UII) meluncurkan film dokumenter sejarah dari Prof KH Abdul Kahar Muzakkir (Tokoh pendiri dan Rektor Pertama UII) berjudul 'Mentari dari Boharen' di Ruang Seminar PPs FIAI UII, Jalan Demangan Baru No 24 Yogyakarta, Senin (23/12/2019).

Menurut Rektor UII Fathul Wahid ST MSc PhD, KH Abdul Kahar Muzakkir sangat gigih dalam merawat institusi. Saat Milad ke-3 UII tahun 1948, UII diliburkan karena semua berjuang/bergerilya melawan penjajah. Meski suasananya tidak nyaman, KH Abdul Kahar Muzakkir tetap menyempatkan mengoordinir acara peringatan Milad UII tersebut. "Sikap seperti ini penting untuk menjaga eksistensi organisasi," terang Fathul saat acara diskusi dan peluncuran film.

Selain itu, kata Fathul, KH Abdul Kahar Muzakkir adalah tokoh yang mendunia. Tahun 1956, beliau diundang Al Ihwan di Singapura untuk menyampaikan pidato mengenai pentingnya ukhuwah setebal 32 halaman dan ditulis dalam bahasa Melayu dengan tulisan Arab Pegon. Sebelumnya di era tahun 50-an, UII telah banyak menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar biasa seperti British Columbia University, King Fuad II University di Mesir (sekarang Alexandria University) dan University of the Punjab di Pakistan.

Dijelaskan Fathul, bukti-bukti sejarah tersebut menegaskan bahwa KH Abdul Kahar Muzakkir merupakan tokoh berkualitas internasional dan omongan-omongan beliau didengar oleh dunia. Fathul mengingatkan bahwa keteladanan yang sangat luar biasa dari KH Abdul Kahar Muzakkir tidak akan memberikan momentum gerak jika keteladanan tersebut tidak dijalankan oleh para penerusnya di UII.

"Untuk itu keteladanan KH Abdul Kahar Muzakkir yang disajikan melalui film dokumenter ini jangan hanya berhenti pada tataran diskusi saja, melainkan harus benar-benar diwujudkan dalam tindakan nyata oleh warga UII," katanya. 

Ketua Prodi MIAI UII Dr Junanah MIS mengatakan, peluncuran film dokumenter KH Abdul Kahar Muzakkir ini sebenarnya merupakan output mata kuliah Pemikiran dan Peradaban Islam. Namun karena di UII ada wacana studi kajian tokoh, maka dibuatlah film dokumenter mengangkat tokoh Prof KH Abdul Kahar Mudzkir yang belum lama ini mendapat gelar Pahlawan Nasional.

"Film ini dibuat melalui penelitian terhadap narasumber mulai dari anak-anak dari KH Abdul Kahar Mudzkir, keponakannya juga dari Muhammadiyah, karena selain dikenal tokoh UII, KH Abdul Kahar Muzakkir juga dikenal tokoh Muhammadiyah," katanya. 

Menurut Junanah yang juga cucu KH Abdul Kahar Muzakkir, sosok KH Abdul Kahar Muzakkir adalah pribadi yang sangat sederhana, humble dan punya jiwa nasionalisme tinggi. Saat masih jadi mahasiswa di Al Azhar Kairo, beliau sudah menghimpun pelajar-pelajar di Kairo untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia.

Seperti diketahui, KH Abdul Kahar Muzakkir masuk menjadi anggota BPUPKI dan termasuk salah satu yang menandatangani Piagam Jakarta. (Dev)

Rektor UII Fathul Wahid saat menyampaikan paparan. (Foto : Devid Permana)

UII

BERITA REKOMENDASI