Prioritas Boster Bakal Sasar Pelaku Wisata

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah upaya berkaitan dengan antisipasi penularan Covid-12 terus dilakukan oleh Pemda DIY, salah satunya dengan memberikan booster kepada masyarakat secara gratis yang sudah dimulai pada 12 Januari.

Untuk tahap awal vaksin booster diprioritaskan untuk para lansia, setelah itu baru bagi kelompok yang lain. Karena pelaku wisata termasuk salah satu kelompok yang memiliki kontribusi dalam mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia. Dinas Pariwisata DIY akan mengusulkan agar para pelaku wisata bisa mendapatkan vaksin booster.

“Vaksin booster untuk para pelaku wisata saat ini sedang kami usulkan. Komunikasi dengan Dinas Kesehatan DIY sedang kami lakukan agar para pelaku wisata bisa segera mendapatkan booster. Karena para pelaku wisata ini menjadi garda terdepan dalam pemulihan ekonomi di Indonesia sehingga diusulkan untuk bisa mendapatkan booster. Sekarang kelengkapan berkaitan dengan pengusulan itu sedang dibuat, dengan harapan minggu ini bisa segera diajukan ke Dinas Kesehatan,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Rahardjo.

Singgih mengatakan, seandainya sudah mendapatkan persetujuan rencananya vaksinasi booster tersebut akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari asosiasi, pengelola destinasi wisata, industri pariwisata serta beberapa yang lain.

Dengan adanya pemberian vaksin booster bagi para pelaku wisata diharapkan mereka bisa merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja. Sehingga bisa mendukung pemulihan sektor ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Kalau untuk kick off vaksin booster ini tersentral di JEC, setelah itu akan dilanjutkan di fasilitas kesehatan. Untuk itu saya minta kepada para pengelola destinasi wisata di kabupaten/kota agar proaktif untuk mendatangi fasilitas kesehatan setempat. Karena di kabupaten/kota juga sudah dimulai vaksin booster,” terang Singgih.

Singgih menambahkan, keberadaan vaksin booster sangat penting untuk mendukung upaya pencegahan Covid-19. Untuk itu pihaknya berharap para pelaku wisata bisa segera mendapatkan vaksin booster.

Pasalnya meskipun saat ini kasus harian Covid-19 di DIY sudah mulai melandai, dan Omicron gejalanya ringan serta bisa cepat disembuhkan. Tapi antisipasi harus tetap dilakukan, guna untuk meminimalisasi terjadinya penularan atau kasus baru.

“Adanya pemberian suntikan dosis ketiga atau booster ini diharapkan dapat mencegah terjadinya penularan. Jadi jika ada kesempatan untuk mendapatkan vaksin booster, saya minta bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ungkap Singgih. (Ria)

BERITA REKOMENDASI