Prodi Akuntansi FEB UAD Gelar Kuliah Tamu Sistem Akuntansi Pemerintahan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahun 2000 akuntasi di pemerintah belum seperti sekarang, masih terbatas pada pencatatan penerimaan dan pengeluaran.

“Tahun 2005 baru mulai mengenal akuntansi dengan basic cash toward accrual. Tahun 2010 keluar Peraturan Pemerintah nomor 71 yang menyempurnakan aturan sebelumnya,” ujar Nurul Anwar SE MSc, pegawai Badan
Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi DKI Jakarta dalam Kuliah Tamu secara daring bertema Sistem Akuntansi Pemerintahan yang diselenggarakan Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan moderator Indah Shofiyah SE MSc.

Dijelaskan Nurul Anwar, salah satu tujuan kenapa pemerintah berakuntansi sebagai proses manajemen karena dana masyarakat itu banyak. “Kemana arah alokasi dan penggunaan itu tepat dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya

Sedangkan Kaprodi Akuntansi FEB-UAD, Sumaryanto SE MSi Akt CA kepada KRJOGJA.com, Jumat (22/01/2021) mengatakan, kuliah tamu untuk meningkatkan wawasan tentang praktik akuntansi pemerintah daerah di Indonesia bagi mahasiswa semester V yang mengambil konsentrasi Akuntansi Sektor Publik, Program Studi Akuntansi FEB-UAD, Sabtu (09/01/2021).

UAD

BERITA REKOMENDASI