Prodi Dikdas UST Terus Kembangkan Kurikulum

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Pendidikan Dasar (Dikdas), Program Magister, Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta terus mengembangkan kurikulumnya dan visi misi prodi. Sebagai prodi baru di UST, pengembangan itu sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan dan terakreditasi.

Rektor UST Ki Prof Pardimin PhD mengatakan, UST merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang didirikan langsung oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Oleh karenanya, sudah semestinya, pendidikan di UST termasuk Prodi Dikdas bercirikan ajaran Tamansiswa.

“Kurikulum di UST harus kental dengan ajaran Tamansiswa dibanding perguruan tinggi yang lain, jangan malah sebaiknya,” terang Prof Pardimin dalam acara Workshop Pengembangan Kurikulum dan Visi Misi Program Studi Dikdas, Program Magister, Direktorat Pascasarjana Pendidikan UST secara daring, Rabu (10/3/2021).

Lebih lanjut dikatakan Prof Pardimin, selain kurikulum, visi misi Prodi Dikdas juga harus mencerminkan visi misi dari Direktorat Pascasarjana dan UST itu sendiri. Tak kalah penting, antara kurikulum Prodi Dikdas dan Prodi Pendidikan Guru SD UST musti ada benang merahnya dan berkesinambungan.

Direktur Direktorat Pascasarjana Pendidikan UST, Ki Prof Dr Supriyoko mengatakan, sebagai prodi baru, banyak hal yang harus dilakukan oleh Prodi Dikdas. Dirinya mengapresiasi dukungan penuh dari Rektor UST. Workshop menghadirkan narasumber Dr Dafid Slamet Setiana, Prof Anik Gufron dan Dr Ali Mustadi dipandu moderator Prof Sutrisna Wibawa. (Dev)

 

UST

BERITA REKOMENDASI