Prodi PBI UAD Gelar Webinar ‘Parenting and Parenting Language’

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mengadakan Webinar series yang bertema ‘Parenting and Parenting Language : Pragmatic Approach’, Kamis (26/08/2021). Webinar Kali ini diselenggarakan PBI UAD dengan pembicara Dr Surono MHum yang sekaligus dosen PBI, serta dimoderatori oleh Novia Nuryany MPd, Kepala SD Muhammadiyah Karangkajen, Yogyakarta dan Host Aysahril Surya salah satu Mahasiswa PBI UAD.

Webinar ini diadakan secara virtual melalui zoom meeting dan Livestreaming di Chanel resmi YouTube PBI UAD dan dihadiri sekitar 150 peserta yang tidak lain guru dari jenjang SD, SMP, dan SMA, orang tua, mahasiswa dan alumni PBI, serta umum.

Diawal acara, Dr Ani Susanti MPdBI selaku Kaprodi PBI memberikan sambutan yang mengatakan ‘parents’ bukan hanya berarti orangtua, tetapi juga berarti pengasuh, seorang pengasuh berarti luas, seperti orangtua, guru, kakak, serta orang yang lebih dewasa yang memiliki tanggung jawab dalam mengasuh. "Maka dari itu Webinar kali ini cukup penting dan diharapkan dapat membantu dalam masalah parenting atau pengasuhan," ujarnya, Jumat (27/08/2021).

Surono, selaku pembicara dalam Webinar kali ini menjelaskan dengan sangat baik tentang pengasuhan. Surono menyebutkan, 'language learning start ini the womb', dan menjelaskan mendidik anak dapat dimulai di masa kandungan dengan memperdengarkan sesuatu yang baik, seperti lantunan Al-Qur’an, musik klasik, dan memulai berkomunikasi dengan topik pembicaraan yang bersifat positif.

Perspektif pragmatis sendiri berfokus pada penuturan atau ujaran yang akan menghasilkan sebuah tindak tutur atau respon kepada mitra tutur, yang berarti pendekatan pragmatis melakukan pendekatan dengan anak melalui proses nasihat.

Seluruh peserta webinar series sangat antusias dalam mengikuti acara, dibuktikan dengan komentar yang ada di kolom komen YouTube serta pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan peserta webinar di sesi tanya jawab. Diakhir acara, diadakan door prize yang diberikan kepada peserta yang aktif bertanya di sesi tanya jawab. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI