Prodi PVTM UST Gelar ‘Story Talkshow Bersama Tokoh Inspiratif’

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menyelenggarakan acara ‘Story Talkshow Bersama Tokoh Inspiratif untuk Menciptakan Iklim Akademik’ selama tiga hari, 10-12 Desember 2021 secara sinkronus atau online.

Story talkshow hari pertama mengangkat tema ‘Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: Menciptakan Kampus Hijau Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa’ menghadirkan narasumber Dr Tuatul Mahfud MPd, seorang penulis jurnal internasional bereputasi Q1 dan dosen Politeknik Negeri Balikpapan.

Menurut Tuatul, mahasiswa (termasuk di dalamnya mahasiswa Prodi PVTM) harus bisa melakukan penelitian dan mempublikasikan ke jurnal, agar memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas dan pengembangan ilmu pengetahuan. “Mempublikasikan hasil penelitian ke jurnal ada tata caranya dan standarnya. Inilah yang perlu dipelajari dan dilatih oleh para mahasiswa,” katanya.

Rektor UST Prof Drs H Pardimin MPd PhD mengapresiasi Prodi PVTM yang menyelenggarakan kegiatan story talkshow yang menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif. Rektor berharap Prodi PVTM UST menjadi prodi unggul. Sedangkan Dekan FKIP UST Dr Siti Mariah MPd menekankan pentingnya growth mindset mahasiswa PVTM UST sesuai dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ketua Drs Ardi Widyatomoko MEng mengatakan, kegiatan story talksow dengan menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif bertujuan untuk membuat iklim akademik yang baik di Prodi PVTM. Hari kedua story talkshow mengangkat tema ‘Implementasi Growth Mindset dalam Membangun Karir di Industri’ bersama Iskandar, SPV PT Astra Otopart. Sesi berikutnya Rizal Juastian Setiawan, Supervisor PT Honda Respect Motor 2019-2021 yang mengulas tema ‘Kolaborasi, Inovasi dan Aksi Meraih Prestasi Internasional’.

Hari ketiga menghadirkan narasumber Kaprodi PVTM UST Ir Drs Suparmin MT mengulas topik perubahan kurikulum dan tips lulus cepat. Dilanjutkan sesi Widodo MPd, dosen PVTM UST yang memaparkan materi terkait ide-ide Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan tips membuat proposal yang baik untuk mendapatkan hibah. Beberapa mahasiswa PVTM UST dilibatkan dalam penyelenggaraan kegiatan yakni, Prio Adi Maulana, Ani Sudrajad, Rendika Azis Pradona, Arjuna Bagoes Prasetyo dan Desky Chandra Adiocita Murti. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI