Prof Dr Nizar Ali: Agama Menjadi Inspirasi Kehidupan Bangsa

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Agama dan kehidupan berbangsa adalah dua hal yang saling berkait dan tidak bisa dipisahkan. Agama yang diposisikan sebagai inspirasi (bukan aspirasi) menjadi piranti penting dalam membangun mental bangsa yang kuat, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sekaligus memperkuat persatuan nasional.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof Dr Nizar Ali MAg saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional (Semnas) daring bertema ‘Agamawan Muda dan Masa Depan Kebangsaan’ pada 25-26 Februari 2021. Semnas diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Agama Islam, Program Magister, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia (FIAI UII), Prodi Hukum Islam, Program Doktor FIAI UII dan Pusat Studi Islam UII.

Menurut Prof Nizar, tantangan kehidupan bangsa yang dihadapi Indonesia cukup kompleks dan pelik. Selain menghadapi dinamika internal dengan munculnya kelompok yang mempertanyakan konsensus nasional, juga muncul gerakan transnasional. Jika itu dibiarkan dapat mempengaruhi masa depan kehidupan berbangsa Indonesia. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus kembali kepada konsensus nasional yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Selain itu merawat cita-cita nasional yang telah dirumuskan para pendiri bangsa.

“Agama harus menjadi spirit dan inspirasi, bukan aspirasi. Ketika agama dijadikan inspirasi dalam kehidupan berbangsa maka bisa menjadi solusi jitu untuk menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan bangsa,” ujarnya.

UII

BERITA REKOMENDASI