Profesionalisme Diperlukan Polisi Lalu Lintas

Editor: Ivan Aditya

Ditambahkan, agar apa yang menjadi tugas polisi lalu lintas bisa berjalan baik sesuai aturan tentunya harus dibuat program kerja sesuai dengan tugas pokok polisi lalu lintas dan kebutuhan masyarakat. Sesuai dengan tugasnyam Bagian Pembinaan Operasional harus menghimpun dan mencatat data-data yang berkaitan dengan kegiatan bidang fungsi lalu lintas, termasuk analisis kerawanan daerah sesuai dengan karakteristik wilayah dalam bentuk rekayasa lalu lintas.

Selain itu, pihaknya juga harus melakukan pendataan regristrasi dan identifikasi pengemudi kendaraan bermotor, penyidikan laka lantas, dan penegakan hukum bidang lalu lintas sekaligus pembagian tugas bagi personel pengemban fungsi lalu lintas. “Kami juga harus mendata kegiatan penjagaan, pengaturan, pengawalan, patroli pendidikan masyarakat, dan rekayasa lalu lintas,” tandas Jan Benyamin.

Ditambahkan, semua kegiatan anggota lalu lintas harus diketahui dan dipertanggungjawabkan kepada Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY untuk selanjutnya dilaporkan kepada Kapolda DIY. Jan Benyamin mengemukakan, sesuai dengan fungsinya pihaknya juga harus menganalisa dan mengevaluasi data-data hasil kegiatan penjagaan, pengatuan, pengawalan dan patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas.

Hal itu sebagai upaya pembenahan internal, agar pada saat bertugas di lapangan, keberadaan polisi lalu lintas sesuai dengan harapan masyarakat. “Kami terus berusaha meningkatkan pelayanan agar tuntutan sebagai pelayan dan pengayom masyarakat bisa terwujud,” kata Jan Benyamin. (Hrd)

 

BERITA REKOMENDASI