Profesor Yahya Wijaya Terima SK Guru Besar

Editor: Ary B Prass

YOGYA,KRJOGJA.com – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar acara serah terima Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 26134/MPK.A/KP.05.01/2021 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen kepada Pdt. Yahya Wijaya, M.Th., Ph.D sebagai Guru Besar atau Profesor dalam bidang ilmu Teologi. Hingga saat ini UKDW memiliki lima guru besar.
Penyerahan SK Guru Besar ini disampaikan oleh Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V DIY kepada Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. dan diteruskan kepada Pdt. Yahya Wijaya, M.Th., Ph.D. Acara penyerahan SK Guru Besar dilaksanakan sesuai dengan standar protokol kesehatan di Lecture Hall Didaktos UKDW, Kamis (3/6/2021).
Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wil. V DIY, Kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI Wil. V DIY, Penyelia SDM LLDIKTI Wil. V DIY, Staf SDM LLDIKTI Wil. V DIY, Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi (WR 1), WR Bidang Keuangan dan Pengembangan Aset (WR 2), WR Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Informasi (WR 3), WR Bidang Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring, Ketua Senat UKDW, Dekanat Fakultas Teologi, Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Dekan Fakultas Bisnis, Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain, Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Kependidikan dan Humaniora, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bioteknologi, serta Kepala Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).
Rektor UKDW dalam sambutannya menyampaikan selamat atas pencapaian jabatan akademik tertinggi kepada Pdt. Prof. Yahya Wijaya, M.Th., Ph.D yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Doktor Teologi. Rektor menyebutkan acara ini merupakan wujud ungkapan syukur, setelah sekian lama UKDW menunggu, akhirnya salah satu dosen dapat mencapai jabatan guru besar.
“Hal ini adalah momentum yang sangat baik, karena sudah sedemikian lama sejak UKDW menerima guru besar. Semoga momen ini membuka pintu berikutnya untuk dosen-dosen yang sedang mengantri menerima SK guru besar, diantaranya Bu Tabita Dosen dari Fakultas Teologi yang saat ini masih menanti turunnya SK. Momen ini juga menginspirasi kami untuk bisa untuk terus mengembangkan bidang keilmuan yang digeluti. Semoga momen ini menginspirasi rekan-rekan dosen yang lain untuk terus bersinergi meskipun saat ini sedang disibukkan dengan MBKM,” imbuhnya.
Dalam kesempatan tersebut Rektor UKDW juga menyebutkan bahwa UKDW telah menerima hibah MBKM untuk enam program studi. Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Tahun 2020 untuk Prodi Arsitektur dan Prodi Desain Produk, serta Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Tahun 2021 untuk Prodi Akuntansi, Prodi Filsafat Keilahian, Prodi Manajemen, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. “Hibah ini sebagai pemantik untuk penataan sistem di UKDW, kami berusaha menyesuaikan sistem informasi yang sudah ada supaya siap dalam penerapan skema MBKM,” tuturnya.
Sementara itu Kepala LLDIKTI Wil. V DIY menyampaikan bahwa untuk meraih jabatan fungsional tertinggi yaitu guru besar, bukanlah hal yang mudah karena prosesnya cukup panjang. Sebagai bentuk layanan, LLDIKTI akan selalu mengawal kemajuan para dosen yang sudah diusulkan.
“Kalau ada dosen dari perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah V yang kemudian bisa menjadi guru besar, itu juga menjadi kebanggaan dan juga target kerja LLDIKTI Wilayah V,” terangnya.(*)

 

BERITA REKOMENDASI