Program Lurah Bicara, Tahun Depan Sasar 45 Kelurahan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kompetisi Lurah Bicara yang baru pertama kali digelar mendapat sambutan positif di internal Pemkot Yogya. Penyelenggaraan di tahun depan pun akan diperluas dengan menyasar 45 kelurahan yang ada di Kota Yogya. 

Wakil Walkota Yogya Heroe Poerwadi, mengaku Lurah Bicara menjadi satu-satunya media untuk mengasah kemampuan berkomunikasi bagi aparatur di wilayah. "Komunikasi itu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemangku wilayah. Hadirnya program Lurah Bicara menjadi wadah untuk mengukur kemampuan itu," ungkapnya di sela penyerahan hadiah Lurah Bicara, Kamis (26/12/2019).

Penyerahan hadiah dilakukan di sela rapat kerja para lurah dan camat. Juara I berhasil diraih Lurah Rejowinangun Wulan Purwandari, Juara II Lurah Pakuncen Riyan Wulandari, Juara III Lurah Tegalrejo Juwairiyah, Juara Harapan I Lurah Terban Anif Luhur Kurniawan. Selain itu Lurah Pakuncen Riyan Wulandari juga menyabet penampil terfavorit. Kegiatan yang didukung SKH Kedaulatan Rakyat ini dinilai oleh tiga dewan juri yakni Arie Sujito (Sosiolog UGM), Octo Lampito (Pemred KR), dan Ninda Nindiani (praktisi public speaking). 

Heroe menambahkan, kemampuan dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan perangkat di wilayah. Hal ini karena pemangku wilayah merupakan kepanjangan tangan kebijakan Pemkot. "Masyarakat harus mengetahui apa yang selama ini sudah dilakukan oleh pemerintah. Itu semua bisa dilakukan jika para lurah maupun camat pandai komunikasi dan didukung data yang valid," imbuhnya.

Menurut Heroe, komunikasi resmi harus didahului dengan pembukaan. Kemudian dilanjutkan pernyataan mengenai permasalahan dan solusi, serta diakhiri kesimpulan. Setiap orang juga memiliki teknik yang bermacam-macam dalam menyampaikan gagasannya. Hanya, gagasan tersebut harus didasarkan pada data dan fakta.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogya Octo Noor Arafat, menjelaskan tahun ini Lurah Bicara hanya diikuti oleh 14 lurah yang menjadi wakil dari tiap kecamatan. Melihat antusiasme wilayah serta besarnya manfaat, maka tahun depan akan manyasar semua lurah di Kota Yogya. "Ini baru pertama kali dan sambutannya bagus. Kami juga evaluasi agar tahun depan bisa lebih baik. Apalagi ada 45 lurah," katanya.

Lurah Bicara tahun ini digelar selama dua hari pada Rabu (18/12/2019) dan Kamis (19/12/2019). Dalam sehari ada tujuh lurah yang tampil, masing-masing diberi waktu 15 menit untuk menyampaikan gagasan. Selama tampil, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian menyiarkan secara langsung melalui media sosial sehingga bisa diikuti oleh masyarakat umum. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI