Program Padat Karya Kembali Digulirkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Program padat karya yang pada tahun 2020 lalu terdampak realokasi untuk penanganan pandemi Covid-19, tahun ini kembali digulirkan. Hanya, khusus yang berasal dari APBD Kota Yogya baru menyasar satu lokasi.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogya Maryustion Tonang, mengungkapkan lokasi yang sudah direncanakan untuk padat karya ialah di Kemantren Mantrijeron. ”Itu berdasarkan usulan dari wilayah yakni untuk membuat jalan lingkungan berupa cor blok,” jelasnya, Jumat (19/2).

Pada tahun-tahun sebelumnya, program padat karya disokong bersama antara Pemkot Yogya dengan Pemda DIY. Bahkan Pemda DIY mengalokasikan hingga lebih dari satu lokasi. Akan tetapi sampai saat ini Dinsosnakertrans Kota Yogya belum memperoleh informasi mengenai program padat karya dari APBD DIY. Sedangkan khusus yang berasal dari APBD Kota Yogya 2021, total alokasi anggarannya mencapai Rp 304 juta. Sesuai rencana padat karya tersebut akan dikerjakan pada Juni mendatang dengan melibatkan 48 tenaga kerja dari warga setempat. ”Rencananya 20 hari kerja. Dari sisi perencanaan sudah siap, tinggal menunggu realisasi pada Juni mendatang,” katanya.

Di tengah pandemi yang sudah berlangsung satu tahun, padat karya menjadi salah satu kegiatan partisipatif yang turut berdampak langsung terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. Hal ini karena selain infrastruktur lingkungan terpenuhi, warga setempat yang terlibat juga memperoleh tambahan penghasilan. Akan tetapi, selain berdasarkan usulan dari wilayah, program tersebut harus disesuaikan dengan skala prioritas.

BERITA REKOMENDASI