Program Pemerintah Selama Pandemi Perlu Pengawasan dan Evaluasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program-program pemerintah selama masa pandemi Covid-19 ini perlu mendapat pengawasan dan bahkan harus dievaluasi secara berkelanjutan. Pengawalan tersebut dibutuhkan untuk memastikan program yang sudah direncanakan untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat tak bergeser.

Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Bambang Seno Baskoro mengakui saat ini ada pergeseran sejumlah pos anggaran untuk penanganan Covid-19. Dengan demikian dimungkinkan ada program pemerintah yang belum bisa terealisasi.

“Namun kami pastikan, pengawalan seluruh program terus dilakukan. Tujuannya agar program-progam dari pemerintah itu bermanfaat nyata bagi masyarakat,” ujar pimpinan Fraksi Golkar, Jumat (03/07/2020).

Dari masukan yang diterimanya beberapa diantaranya menyoroti soal pendidikan. Secara umum warga meminta agar biaya pendidikan tak membebani selama masa pandemi, karenaa dari sisi ekonomi seluruh masyarakat saat ini terdampat Covid-19.

“Masyarakat berharap jangan sampai proses belajar dan mengajar secara daring yang membutuhkan pendukung seperti pulsa internet membebani mereka,” ungkap Bambang Seno Baskoro.

Penyaluran bantuan sosial atau bansos terkait dampak Covid-19 juga menjadi sorotan. Warga meminta adanya pengawasan lebih ketat, filterisasi dan verifikasi terkait penyaluran agar lebih tepat sasaran.

Dalam kesempatan ini Bambang Seno Baskoro juga mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protol kesehatan yang telah dicanangkan pemerintah. Jargon atau semboyan 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak harus senantiasa diterapkan untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut.

“Tak lupa saya ingatkan, dengan didasari semangat gotong royong dari masing-masing warga, maka pencegahan penularan Covid 19 bisa ditangani dengan baik dan efektif,” punkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI