Program Vokasi dan Pembelajaran Daring Jadi Unggulan HSPG

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Homeschooling Primagama (HSPG) terus meningkatkan mutu pendidikannya. Berbagai inovasi strategi pembelajaran dikembangkan guru-guru HSPG guna mencetak lulusan yang bagus secara akademik juga berkarakter mulia.

Direktur HSPG Pusat Ir Kusnanto MM mengatakan, untuk meningkatkan mutu layanan kepada siswa maupun orangtua siswa, HSPG mengadakan workshop di Denpasar Bali, 12-13 Juli lalu, diikuti seluruh perwakilan Cabang HSPG seluruh Indonesia. 

"Workshop sebagai koordinasi terstruktur dan juga meluruskan kembali trackline seluruh cabang HSPG agar sesuai grand strategy dan kebijakan-kebijakan baru dari setiap divisi yang ada," terang Kusnanto saat ditemui KRJOGJA.com di Kampus HSPG Yogyakarta, Jumat (20/7/2018).

Kusnanto mengatakan, tahun ajaran 2018/2019, HSPG mulai menggunakan Kurikulum 2013 (K13) didukung Sistem Informasi Berbasis Komputer (SIBK). Selain metode belajar klasikal, HSPG juga mengembangkan metode pembelajaran secara daring (online). Menurutnya, keunggulan sekolah nonformal seperti HSPG dibanding sekolah formal adalah memiliki fleksibilitas dalam proses pembelajaran.

"Kalau di sekolah formal, pembelajaran dilakukan secara klasikal dan semua murid diperlakukan sama oleh guru. Berbeda di HSPG, ketika siswa mengalami kesulitan ia akan mendapat bimbingan langsung dari guru secara khusus hingga bisa menangkap materi yang disampaikan," terang Kusnanto.

Manajer Akademik HSPG Pusat, Anggo Marantika mengatakan, sistem belajar yang fleksibel di HSPG sangat cocok bagi siswa dengan kesibukan tinggi misalnya atlit yang harus mengikuti berbagai kejuaraan. Dengan pembelajaran secara daring, siswa tetap bisa belajar dengan baik dibimbing guru-guru HSPG. "Meskipun belajarnya fleksibel, output lulusan HSPG sangat berkualitas, tahun ini ada 19 lulusan Paket C (setara SMA) yang diterima kuliah di pergurun tinggi negeri," katanya.

Keunggulan lain HSPG, kata Anggo adalah Program Vokasi untuk mengoptimalkan bakat dan minat siswa. Pilihan program vokasi di antaranya bahasa Inggris, teknologi informasi/komputer, musik, olahraga dan memasak (chef). "Jadi setelah lulus, lulusan HSPG sudah memiliki ketrampilan tertentu sebagai bekal memasuki dunia kerja atau berwirausaha," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI