Prokes Jangan Abai, Antisipasi Jangan Terlambat

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus Covid-19 kembali merebak seiring temuan varian Omicron. Menghadapi gelombang ketiga pada tahun ini, masyarakat diimbau agar jangan abai terhadap protokol kesehatan (prokes). Begitu pula pemerintah diminta jangan terlambat dalam melakukan antisipasi.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta Antonius Suhartono, menjelaskan baik masyarakat maupun pemerintah sama-sama memiliki tanggung jawab dalam menangani pandemi. “Masyarakat tidak boleh mengedepankan egonya sendiri. Harus bisa bersama-sama menjalankan prokes dengan lebih ketat. Pemerintah pun harus bisa menjamin kesehatan dan ekonomi warganya,” tandasnya.

Anton, sapaan akrabnya, menilai baik masyarakat maupun pemerintah sudah memiliki pengalaman dalam penanganan pandemi. Terutama saat gelombang dua pada periode pertengahan tahun 2021 lalu akibat varian Delta. Saat itu penularan sangat cepat terjadi dan tingkat keparahan pasien pun tinggi. Dibarengi dengan sulitnya mengakses kebutuhan oksigen serta terbatasnya ruang perawatan di rumah sakit, telah mengakibatkan angka kematian akibat Covid-19 yang cukup tinggi.

BERITA REKOMENDASI