Protes Registrasi Kartu SIM, Ribuan Pedagang Pulsa Duduki Titik 0 Kilometer

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah sempat menggelar aksi teatrikal ‘makam massal’ di Lapangan Karang beberapa hari lalu, Senin (2/4/2018) ribuan pedagang pulsa yang tergabung dalam Kesatuan Niaga Cellular Indonesia (KNCI) menggelar unjukrasa di titik 0 kilometer. Membawa serta anak dan keluarga, para pedagang kembali memprotes kebijakan registrasi 1 NIK-KK untuk 3 Kartu SIM.

Dalam orasinya, para pedagang menyerukan penolakan terhadap kebijakan pemerintah di bawah Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Para pedagang yang ternyata berasal dari DIY dan sebagian Jawa Tengah bahkan menyerukan agar Menkominfo Rudiantara dicopot lantaran ingkar janji pada mereka.

“Kami menagih janji Menkominfo yang sebelumnya melalui Dirjen PPI menjanjikan outlet bisa melakukan registrasi lebih dari 3 kartu SIM, tapi sampai hari ini belum ditepati. Kalau tidak ya mundur saja mending,” ungkap Humas KNCI DIY Ardhana.

Ardhana mengatakan paling tidak ada 2500-an peserta aksi yang ikut dalam unjukrasa di titik 0 kilometer. Tak hanya pedagang saja yang mengikuti aksi namun juga karyawan, keluarga dan anak.

“Kami ingin menunjukkan bahwa banyak yang terdampak dengan adanya kebijakan tersebut. Kami tidak bisa mengelak bahwa kartu perdana adalah komoditas yang kontribusinya signifikan bagi konter-konter seperti kami,” tegasnya.

Sebagai langkah lanjutan, KNCI akan mengawal aspirasi ini yang saat ini sedang ke Komisi 1 DPR RI yang mengurus permasalahan tersebut. “Kami akan kawal sampai kebijakan pembatasan registrasi diubah, saat ini sudah 50 persen penurunan yang kami rasakan dan akan terus bertambah pasti,” pungkasnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI