Proyek Tol Yogya – Bawen Mulai Disosialisasikan Awal Maret

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menargetkan awal Maret 2020 nanti sudah bisa dilakukan sosialisasi proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen. Adapun untuk Jalan Tol Yogya-Solo, secara prinsip untuk perubahan desain di sekitar kawasan Monjali sudah disosialisasikan dan mayoritas bisa mene-rima. Untuk Desa Sinduadi, karena kebanyakan merupakan tempat usaha yang lokasinya di pinggir Ringroad, mayoritas pemiliknya berada di luar Desa Sinduadi.

”Saat sosialisasi sempat muncul gagasan dari para pemilik tanah yang terdampak tol, appraisal (penilaian) dilakukan secara kolektif. Karena selain dijadikan tempat usaha dengan luasan tanah yang tidak terlalu banyak, kebanyakan pemilik tinggal di luar Desa Sinduadi. Semua itu menjadi masukan yang bagus yang akan kami sampaikan kepada pihak berwenang. Karena bagaimanapun juga mereka ada keinginan supaya pembangunan tol bisa dilakukan secara tepat waktu,” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno.

Krido mengungkapkan, seandainya nanti usulan appraisal kolektif tersebut disetujui, diharapkan tahapan pembangunan jalan tol bisa dilakukan secara tepat. Selain itu, validasi data juga perlu diperhatikan sebaik-baiknya.

Baca juga :

Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot
Persoalan Sampah Merupakan Masalah Kebangsaan

Karena validasi data ikut menentukan cepat atau lambatnya izin penetapan lokasi. Untuk itu dibutuhkan partisipasi aktif pemilik lahan. (Ria)

BERITA TERKAIT