Proyek Tol Yogya – Cilacap Segmen Kulonprogo Tunggu Redesain Gambar

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim persiapan proyek pembangunan jalan tol di DIY menunggu redesain gambar Jalan Tol Yogya-Cilacap segmen Kulonprogo yang kini masih berada di Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Perubahan redesain Jalan Tol Yogya-Cilacap segmen Kulonprogo tersebut diharapkan bisa segera dikirimkan ke Pemda DIY, sehingga pihaknya melangkah sesuai tahapan yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) DIY atau Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana, Krido Suprayitno mengatakan, Jalan Tol Yogya-Cilacap segmen Kulonprogo sudah ada ruas-ruas yang akan dilalui, namun masih ada revisi desain gambar dari Ditjen Bina Marga PUPR. Perubahan desain Jalan Tol YogyaCilacap segmen Kulonprogo ini salah satu diantaranya terkait Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

“Saya sudah bertemu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Pak Danang Parikesit, informasinya gambar redesain masih di Bina Marga. Kami tim persiapan menunggu redesain itu karena belum dikirim ke DIY,” ujar Krido.

Krido menyatakan, apabila redesain gambar proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Cilacap segmen Kulonprogo ini telah dikirimkan dan diterima DIY, akan ditindaklanjuti dengan pembentukan tim persiapan pembangunan Jalan Tol Yogya-Cilacap via Kulonprogo tersebut. Tim persiapan pembangunan jalan tol baru bisa bergerak melaksanakan tahapan-tahapan persiapan. “Argo kami jalan kalau sudah terima redesain Jalan Tol Yogya-Cilacap segmen Kulonprogo tersebut,” katanya.

Sekda DIY, Drs K Baskara Aji mengungkapkan, konsultasi publik untuk Yogya-Cilacap via Kulonprogo diharapkan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Mengingat Yogya-Cilacap jalur-jalurnya sudah ada dan segera ditindaklanjuti sosialisasi. Untuk pelaksanaan sosialisasi dilakukan Pemda DIY. Apabila warga terdampak sudah bisa menerima akan ditindaklanjuti pematokan.

“Untuk penandatanganan PPJT yang dilakukan Kementerian PUPR dengan pemenang lelang proyek Tol Yogya-Solo dan Yogya-Cilacap via Kulonprogo (YIA) sudah dilakukan di Jakarta. Meski yang ditandatangani adalah Tol Yogya-Solo dan Yogya-Cilacap via Kulonprogo, namun untuk pelaksanaan Tol Yogya-Solo akan dilakukan terlebih dahulu. Mudah-mudahan semua tahapannya bisa dilakukan dengan baik dan lancar, sehingga bisa diselesaikan tepat waktu,” terang Baskara Aji.

Menurut Sekda, saat ini pembangunan jalan tol lebih banyak ditangani pusat (Satker dan BPN). Walaupun begitu DIY terus melakukan koordinasi agar semua tahapan lancar dan bisa diselesaikan tepat waktu. (Ira/Ria)

BERITA REKOMENDASI