Proyek Underpass Kentungan Dihentikan H-10 Lebaran

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jelang lebaran tahun 2019 proyek pembangunan underpass di Simpang Empat Kentungan Jalan Kaliurang Kabupaten Sleman akan dihentikan sementara. Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat masa mudik nanti.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Kentungan Satker PJN DIY Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sidik Hidayat mengatakan untuk saat ini masih dalam proses pembangunan underpass yang sudah dimulai sejak bulan Januari lalu. Rencana penyelesaian pembangunan ini ditargetkan rampung pada bulan Desember 2019.

Pihaknya pun menjadwalkan akan menghentikan pengerjaan proyek di lapangan mulai H-10 Lebaran hingga H+7 atau H+10. "Sesuai yang kita jadwalkan, bahwa nanti target kami akan membuka salah satu yang sekarang ditutup pagar. Jadi sebisa mungkin sudah beroperasi di situ, pelebaran jalan juga sudah jadi, sehingga Lebaran besok pengendara yang melintas bisa nyaman," kata Sidik Hidayat di kantornya, Selasa (07/05/2019).

Untuk saat ini, pihaknya akan mengebut pengerjaan di lapangan agar target yang sebelum direncanakan bisa terlaksana. Untuk menyambut mudik Lebaran, sisi timur proyek tahap pelebaran jalan ditarget akan selesai sebagian.

Data yang diperoleh, untuk sementara proses pengerjaan sudah diangka 25 persen, pihaknya akan menargetkan 30 persen pada akhir bulan ini. Dari informasi yang dihimpun, jalur underpass dibangun sepanjang total 540 meter dengan bagian tertutup sepanjang 180 meter, dibuat dua jalur dengan empat lajur di jalur cepat.

Adapun proses pengerjaan dimulai tanggal 14 Januari 2019 dan ditarget rampung 31 Desember 2019 dengan biaya pengerjaan dianggarkan sekitar Rp 126 miliar. (Ive)

BERITA REKOMENDASI