PSMTI Yogya Produksi Film Inspirasi Kebaikan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam setahun ini Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Yogya telah memproduksi empat film pendek Inspirasi Kebaikan (Inke). Produksi pertama sejak Perayaan Tiong Ciu (Kue Bulan) 2018 dan bisa dinikmati di YouTube. Tujuannya menyebar kebaikan dan melawan hoax yang semakin marak di medsos.

"Cerita yang diangkat seputar pendidikan moral, misalnya berbakti pada orangtua, memberi bantuan pada warga kurang mampu, kerukunan berkeluarga, dan lainnya," tutur Ketua PSMTI Yogya, Ellyn Subiyanti kepada KR, Jumat (29/11).

Bekerja sama dengan PSMTI Pusat Jakarta dengan menggandeng Bagian Humas dan Publikasi, Priyanto Chang, seorang guru Mandarin. "Konsen dengan pembuatan film Inke (Inspirasi Kebaikan), yang sering digunakan sebagai nama pemeran utama," tutur Ellyn yang bersama suaminya, Koh Hwat juga turut berperan sebagai orangtua.

Dalam kerjasama ini, Priyanto Chang mencari dan menyusun naskah film pendek Inke, "PSMTI Yogya yang mencari anak-anak muda yang tergabung dalam JCACC (Jogja Chinese Art & Culture Centre), Koko Cici Yogya, untuk bergabung membuat film Ini," jelas Ellyn yang dikenal sebagai pengusaha Dirut Gardena dan Pimpinan Vinolia Babby & Kids ini.

Kriteria Inke, filmnya harus pendek durasi (sekitar 5-10 menit), menyentuh, ceritanyanya seputar Yogya, dan pemerannya warga keturunan Tionghoa. "Sebagai sumbangsih warga Tionghoa untuk kerukunan, persatuan, dan keaikan bersama dengan tradisi budaya luhur yang ada," ucap Ellyn yang juga produser film inke. (R-4)

BERITA REKOMENDASI