PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siapkan Skema Gawat Darurat Covid di Kereta

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta melaksanakan simulasi penanganan kegawatdaruratan Covid-19, Sabtu (9/5/2020). Hal tersebut sebagai antisipasi apabila nantinya pemerintah benar-benar membuka transportasi kereta api untuk penumpang kondisi tertentu di masa pandemi ini.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan simulasi penanganan dilaksanakan di Stasiun Tugu Yogyakarta melibatkan seluruh potensi Daop 6 Yogyakarta. Menurut Eko, KAI berusaha menerapkan protab penanganan sesuai aturan dari gugus tugas pusat.

“Ada simulasi penanganan penumpang kereta api andai terjadi sakit atau meninggal karena Covid. Di tiap kereta ada protab penanganan sesuai aturan gugus tugas. Kita coba praktekkan mempersiapkan Alat Pelindung Diri (APD) di kereta, ada satgas medis juga di stasiun di wilayah Daop 6, kita siagakan pos kesehatan. Polsuska atau kondektur juga dilatih juga untuk pertolongan pertama, lengkap dengan APD,” ungkapnya pada wartawan.

KAI sendiri menurut Eko belum mengoperasikan KA jarak jauh seperti yang sempat disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya beberapa hari lalu. Saat ini KAI masih menanti petunjuk pelaksanaan karena situasi berbeda yang akan dihadapi.

“Ini KA belum operasi, tapi kami mempersiapkan diri apabila nantinya terjadi kondisi darurat. Yang jelas, kami masih menunggu petunjuk pelaksanaannya dulu, ketika nanti diminta pemerintah beroperasi maka kita sudah siap,” ungkapnya lagi.

Namun begitu Eko juga mengingatkan bawasanya operasional KA yang rencana memiliki rute Jakarta-Surabaya dan Bandung-Surabaya tidak serta-merta bisa diakses masyarakat secara umum. Hanya penumpang dengan kondisi tertentu yang diperkenankan mengakses seperti yang disampaikan pemerintah. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI