PTKM Sudah 9 Hari Covid DIY Hanya Turun 5 Persen, Sekda DIY: Tunggu Sampai Tanggal 25

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY sudah berjalan 9 hari hingga Selasa (19/1/2021). Namun ternyata, kebijakan tersebut hanya mampu menurunkan 5 persen angka positif Covid-19 di DIY.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pihaknya kini tengah melakukan evaluasi PTKM yang akan dilaksanakan hingga 25 Januari mendatang. Baskara Aji mengatakan ada penurunkan angka positif harian sejak 11 Januari lalu meski angkanya belum signifikan.

Selasa hari ini misalnya, jumlah laporan pasien positif harian DIY masih berada pada angka 287 orang. Jumlah kasus positif aktif berdasar data Dinkes DIY pun masih berada pada angka 5461.

“Kita melakukan evaluasi PTKM yang sudah berjalan sembilan hari. SatPol PP buat laporan harian, memang sudah ada penurunan kalau dilihat dari konfirmasi positif sebelum dan sesudah PTKM ini. Tapi belum signifikan karena baru turun sekitar 5 persen kalau dibuat rata-rata sampai hari ini,” ungkap Baskara Aji pada wartawan di Kepatihan.

Pemda DIY saat ini masih terus memantau perkembangan yang terjadi dari hari ke hari. Keputusan perpanjangan, modifikasi atau penyetopan PTKM nantinya akan diambil mendekati tanggal 25 Januari.

“Kita lihat sampai jelang 25 (Januari) apakah konfirmasi positif menurun tajam lagi. Kalau ada positif lagi, ya perlu ada regulasi kita terkait untuk menghindari kerumunan dan disiplin protokol kesehatan, itu ternyata lebih penting dibanding mengatur yang tak terkait langsung dengan konfirmasi positif. Nanti bentuknya seperti apa, dari hasil evaluasi mendekati tanggal 25,” sambung Baskara Aji.

BERITA REKOMENDASI