Puluhan Mobil Klasik Ambil Bagian

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Puluhan mobil klasik-retro era 70-80an berjajar rapi di Lapangan Stadion Kridosono Yogyakarta. Mobil-mobil yang datang dari berbagai daerah tersebut mengikuti kontes 'Pasar Jongkok (Parjo)' yang dihelat selama dua hari 6-7 Agustus. Setidaknya ada 21 kategori yang diperlombakan, antara lain best Euro, best Japan, best Rally Look, best Racing Look, best custom dan original.

Salah satu peserta kontes adalah Thomi warga Yogyakarta yang ikut dikategori Rally Look untuk mobil Toyota Corola DX '83 miliknya. Agar mirip dengan mobil rally, Thomi melakukan banyak perombakan termasuk penambahan 4 lampu besar di bagian depan. "Mobil ini dulu memang cocok untuk rally, dan sekarang kita modifikasi lagi," terang Thomi yang tergabung dalam komunitas Yogyakarta Corolla DX Community (YCDXC) kepada KRjogja.com disela acara.

Peserta lain, Aat asal Magetan Jawa Timur yang mengikutkan dua mobilnya yakni Mitsubishi Lancer SL '83 di kategori original dan mobil Toyota Corola DX '82 dikategori custom. Menurutnya, motivasi mengikuti Parjo sebagai penyaluran hobi serta menambah pengalaman dan relasi. Ia pun tidak berniat untuk menjual mobilnya meski ada yang menawar. "Hobi seperti ini sangat berhubungan dengan hati, dan saya rasa belum saatnya untuk dijual," katanya.

Selain kontes, Parjo juga menyajikan berbagai produk otomotif termasuk onderdil bekas. Salah satu penjualnya adalah Yudi dari 'Brahm Djangkrik' Yogya. Ia antusias mengikuti Parjo karena event ini dipadati para pecinta mobil lawas. "Biasanya saya menggelar dagangan di Pasar Klitikan Kuncen dan saat ini menyempatkan ikut Parjo," ujarnya.

Panitia Parjo, Arlan mengatakan, selain menyediakan lapak untuk berjualan, panitia juga menggelar berbagai acara menarik. Di antaranya, City Touring, CB Jogja Show Off, Retro Contest Vespa Contest, Dyno Drag Challenge (Roda 2), Jogja Rolling Scoot, Diecast Cutom, Live Percussion dan lain-lain. (R-2)

BERITA REKOMENDASI