Punya Cerita Mendidik, Yuk Ikuti Lomba Cipta Dongeng Dinas Kebudayaan DIY

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kebudayaan DIY menggelar lomba Cipta Dongeng 2021. Penulis dari DIY diajak untuk menuliskan dongeng terbaiknya untuk menambah khasanah cerita mendidik dari berbagai wilayah DIY.

Sumadi, Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY mengatakan saat ini di era masif informasi, anak-anak akan teedorong untuk berselancar bahkan ke negeri-negeri terjauh. Hal tersebut secara tak langsung akan membawa pengaruh hal-hal baru dari luar yang membawa dampak positif maupun negatif.

“Sering kali anak-anak kita misalnya, semakin jauh dari pengetahuan-pengetahuan lokal yang seyogyanya menjadi hal pertama untuk diketahui. Hal ini menjadi perhatian kami di Dinas Kebudayaan DIY,” ungkapnya melalui siaran pers tertulis, Jumat (23/4/2021).

Dinas Kebudayaan melihat ketersediaan bahan bacaan lokal yang masih sangat kurang. Banyak cerita-cerita lisan yang berkembang di masyarakat dan atau dongeng tentang sesuatu yang berkembang di sekitar mereka tidak terdokumentasikan dengan baik.

“Akibatnya, anak-anak kita lebih suka pada cerita-cerita atau dongeng-dongeng yang dengan mudah diperoleh di hadapan mereka secara digital. Sebagai upaya mendorong tumbuh kembangnya karakter kebangsaan yang berpijak pada lokalitas, dirasa perlu memperbanyak cerita-cerita dan dongeng-dongeng seputar lingkungan kita. Karena itu dibutuhkan sumber-sumber tulisan yang berasal dari cerita-cerita dan dongeng-dongeng di lingkungan masyarakat,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI