Putri Malu Mempercepat Penyembuhan Luka

Editor: Ivan Aditya

PUTRI MALU jenis tumbuhan liar, biasanya banyak dijumpai di tepi jalan, pematang sawah atau di atas saluran irigasi. Sifatnya yang unik, bila daunnya tersentuh akan mingkup atau mengecil. Konon gerakan itu adalah usaha melindungi diri dari serangan hewan atau makhluk lain di sekitarnya. Batangnya yang berwarna merah dan akan menjadi hijau, bilamana semakin tua. Ternyata tumbuhan liar ini, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam Serat Jampi Jawi yang memuat hampir 291 macam resep obat-obatan tradisional peninggalan leluhur, rata-rata berasal dari alam sekitar. Ada umbi, batang, daun bahkan kulit batang, semua bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Meski banyak obat-obat produksi pabrik, namun jampi Jawi warisan leluhur hingga kini masih relevan atau mujarab.

“Kejaba kanggo tamba watuk, pilek godhong putri malu tetela bisa kanthi cepet gawe waras tatu anyar utawa lawas.” Selain untuk obat batuk, pilek ternyata daun putri malu bisa mempercepat sembuhnya luka, baik luka baru maupun lama. Demikian sepenggal kalimat dalam Serat Jampi Jawi, tentang kegunaan tumbuhan putri malu.

Itulah nenek moyang selalu menganjurkan, carilah tamba tradhisional yang banyak terdapat di sekitar kita serta harganya murah dan mujarab. Disebutkan, tumbuhan putri malu selain menyembuhkan batu, pilek serta masalah pernafasan ternyata juga mampu mempercepat penyembuhan luka baik baru maupun lama.

Tanaman putri malu yang berduri bisa menyembuhkan batuk berdahak, dengan cara membuat ramuan rebusan putri malu. Setelah agak dingin atau hangat-hangat tahi ayam, rebusan tersebut bisa diminum. Kalau sakitnya telah lama bisa minum secara rutin, pagi dan sore sehari satu gelas. Tidak lama akan reda, dan batuk pun hilang. Sedangkan untuk pencegahan, bisa minum sehari satu kali.

BERITA REKOMENDASI