Putri Malu Mempercepat Penyembuhan Luka

Editor: Ivan Aditya

Sedangkan untuk gangguan susah tidur, rebusan putri malu bisa diminum malam hari sebelum tidur. Bagi yang sering terganggu sakit gigi dan gusi, ramuan putri malu sekaligus menjaga bau mulut yang tidak sedap, bisa memutihkan gigi dengan berkumur atau sebagai pasta gigi.

Warisan leluhur juga menyebut oyot putri malu atau akar putri malu sangat cepat membantu proses penyembuhan luka baik baru maupun lama. Hal ini karena dalam akar putri malu mengandung fenol, yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan dikatakan, ramuan putri malu, bisa berguna untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Bagi yang punya penyakit rematik, meski sangat sepele namun sangat mengganggu. Daun dan batang putri malu ternyata mampu mengatasi rematik, atau masalah pada sendi tersebut. Disamping itu tumbuhan putri malu ternyata bisa memperlancar saluran kemih, karena kandungan dalam daun putri malu memiliki sifat antibakteri, sehingga tubuh bebas dari serangan kuman.

Konon para leluhur untuk menjaga stamina dengan mengonsumsi ramuan putri malu, karena efek dari minuman tersebut sangat bermanfaat guna peningkatan stamina pria saat berhubungan seksual. Caranya, rebus kurang lebih 15 lembar daun putri malu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa kurang lebih satu gelas, kemudian setelah dingin minum sampai habis. Khasiatnya akan terasa setelah meminum rebusan daun putri malu. Betulkah ? Wallahualam, karena ini perlu penelitian lebih jauh dari para ahli. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI