PW FKAPHI DIY Resmi Dilantik, Alumni Petugas Haji jadi Agen Perubahan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengurus Wilayah Forum Konunikask Alumni Petugas Haji Indonesia (PW FKAPHI) DIY masa bakti 2019-2014 resmi dikukuhkan dan dilantik dengan ketua dr H Tejo Katon SSi MBA MM di Ballroom Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta, Kamis (26/12). Pengukuhan dilakukan langsung Ketua Umum PB FKAPHI H Mahmudi Affan Rangkuti

Kegiatan pelantikan ini sebagai bagian Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun dan Penandatanganan MOU yang digelar Kanwil Kemenag DIY. Kegiatan ini dihadiri Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag RI H Khoirizi H Dasir, pejabat Kanwil Kemenag DIY, Kemenag Kab/Kota, Kepala KUA se-DIY, Penyuluh Agama Islam Pengurus Wilayah FKAPHI DIY, Forum KBIHU serta jemaah calon haji DIY.

"Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan program kerja organisasi guna mendukung program pemerintah dalam penyelenggaraan haji, umrah, pendidikan, sosial dan kemanusiaan. Pertama, melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, ketahanan dan kemandirian jemaah haji dalam rangka sukses haji setiap tahun. Kedua, berperan serta dalam memperkuat sholeh pribadi dan sholeh sosial dengan melakukan dakwah, pendidikan dan amal sosial kepada masyarakat,” tegas Affan Rangkuti usai pelantikan.

Dengan jumlah 4.000an petugas haji tiap tahunnya, selama ini dirasakan mereka kurang terberdaya dengan baik untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pembinaan dengan baik. Hal itulah yang kemudian mendasari dibentuknya FKAPHI pada Desember 2018 lalu.

"Pembentukannya bukan saingan bagi pelaku atau pegiat haji dan umrah. Forum ini berdiri sebagai satu niat ikhtiar bahwa petugas haji Indonesia tidak hanya cukup bertugas di Saudi. Tapi mereka juga harus melakukan tugas membina, melayani dan melindungi jemaah haji sebelum, saat dan pasca haji. Istilahnya bertugas sepanjang hayat," jelas Affan.

Kabid PHU Kanwil Kemenag DIY Sigit Warsito menambahkan, alumni petugas haji merupakan agen perubahan. Diharapkan alumni petugas haji ini dapat berbagi pengalaman sebagai petugas haji kepada jemaah calon haji yang akan berangkat.

Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan MPdI berharap alumni petugas haji punya kontribusi bagi kemandirian jemaah. Ke depan akan ada sinergi semua pihak untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan jemaah.

Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H Dasir menambahkan, bagi alumni petugas haji yang memiliki pengetahuan paling update kondisi di Arab Saudi bisa berbagi pada jemaah. Artinya masih ada kepedulian terhadap jemaah haji dan umroh. "Mereka ini menjadi agen penggerak manasik sepanjang tahun," tegasnya.

Selepas pelantikan dr H Tejo Katon menyebut, berdasar data yang dihimpun, alumni petugas haji DIY baik pusat maupun daerah dari kurun 2013–2019 ada 543 orang. Hal tersebut merupakan potensi dahsyat untuk memviralkan kegiatan FKAPHI DIY. Dalam kesempatan tersebut, Khoirizi juga secara resmi melaunching website alumni petugas haji berisikan kumpulan pemberitaan kegiatan FKAPHI secara nasional. (Feb)

BERITA REKOMENDASI