PW IPHI DIY MINTA PEMERINTAH : Haji Belum Pasti, Perlu Penjelasan

YOGYA, KRJOGJA.com – Berkenaan dengan belum adanya kepastian pelaksanaan haji tahun 2021, Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPHI DIY) meminta Pemerintah segera memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai keadaan yang sebenarnya. Dengan demikian, info-info salah yang beredar di tengah masyarakat tidak semakin berkembang liar, karena akan semakin membingungkan masyarakat.

“Dengan adanya pernyataan resmi dari pemerintah akan memberi ketenangan masyarakat, khusus para calon haji,” kata Ketua PW IPHI DIY, Drs HA Hafidh Asrom MM didampingi Ketua Biro Publikasi, Hukmas dan Hubungan Kelembagaan PW IPHI DIY, H Nur Ismanto SH MSi MH kepada KRJogja.com, Jumat (19/2).

Menurut Hafidh Asrom, Pemerintah Indonesia perlu mendesak Pemerintah Arab Saudi untuk segera memastikan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021, baik melalui lobi-lobi ke Dubes Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta maupu melalui Dubes RI untuk Arab Saudi di Jeddah. Termasuk meminta kejelasan tahun ini Indonesia mendapatkan kuota berapa jamaah. Hal ini penting karena jumlah kuota jamaah akan menentukan perencanaan penyelenggaraan haji, khususnya menyangkut biaya.

Permintaan kepastian dari Arab Saudi ini juga perlu diberi batas waktu, sehingga tidak berlarut-larut dalam masa penantian yang tidak pasti. Selain itu, Menteri Agama juga perlu segera meminta jatah/kuota vaksin Covid-19 kepada Menteri Kesehatan sesuai jumlah jamaah calon haji yang diprediksi berangkat tahun 2021, sehingga ketika harus memberangkatan vaksin yang dialokasikan sudah tersedia dengan dengan cepat dilaksanakan vaksinasi untuk para calon haji.

BERITA REKOMENDASI