PWI Harus Jadi Lokomotif Kebangkitan Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keluarga Besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY menyelenggarakan acara Syawalan di Kantor PWI DIY, Jalan Gambiran 45 Yogyakarta, Jumat (20/05/2022) diikuti pengurus dan anggota. Syawalan diisi tausyiah oleh H Taufik Ridwan dan dimeriahkan hiburan kesenian Kolintang IKWI DIY.

Ketua PWI DIY Hudono SH menuturkan, penyelenggaraan Syawalan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei). Ini menjadi momentum sangat baik bagi insan pers (wartawan) untuk lebih bersemangat lagi berkarya di bidang jurnalistik. Dengan begitu diharapkan, tidak ada lagi berita-berita hoaks, dan jangan sampai wartawan memproduksi berita hoaks.

“Saya terus ingatkan dan mendorong para wartawan agar selalu disiplin melakukan verifikasi, karena saat ini ada kecenderungan teman-teman wartawan malas melakukan verifikasi. Saya juga terus ajak para wartawan, dalam melakukan kegiatan jurnalistik agar selalu menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan UU Pers,” terang Hudono di sela acara Syawalan. Turut hadir dalam acara Syawalan, Ketua IKWI DIY Hj Sri Surya Widati.

Menurut Hudono, Hari Kebangkitan Nasional ini juga menjadi momentum bagi masyarakat luas untuk bangkit dari pandemi menuju endemi. Peran pers sangat strategis dalam mendorong dan mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, meskipun Presiden Jokowi telah membolehkan tidak mengenakan masker di ruang terbuka.

Lebih lanjut, Hudono menjelaskan, di masa transisi dari pandemi menuju endemi ini masih sangat perlu kehati-hatian dari masyarakat, karena pandemi belum sepenuhnya usai. Memakai masker sebaiknya tetap menjadi bagian dari pola hidup sehari-hari, tidak hanya untuk menghindari terpapar virus, namun juga memproteksi partikel-partikel masuk ke saluran pernafasan.

“Masyarakat jangan larut dalam eforia kasus covid yang terus menurun. Memakai masker sebaiknya jadi budaya karena manfaatnya banyak bagi kesehatan. PWI DIY harus menjadi contoh dan lokomotif bagi kebangkitan masyarakat menuju endemik,” pungkasnya. (Dev)

PWI

BERITA REKOMENDASI