QRIS Bank BPD DIY Perluas Akses Keuangan dan Pasar

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Bank BPD DIY telah bertransformasi kepada layanan digital dengan menyediakan kebutuhan digital nasabah dan akan terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi. Layanan digital Bank BPD DIY yang dapat dinikmati masyarakat antara lain ATM, Mobile banking, agen Laku Pandai, Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) Merchant (QUAT), SMS Notifikasi dan Cash Manajemen System (CMS).

” Digitalisasi adalah sebuah keniscayaan, maka Bank BPD DIY bertransformasi ke layanan transaksi digital. Berkat dukungan Bank Indonesia, QRIS Bank BPD DIY sudah semakin berkembang di DIY saat ini,” ujar Direktur Utama PT Bank BPD DIY Santoso Rohmad di Pasar Kranggan Yogyakarta, Senin (29/11).

Santoso mengaku pengguna QRIS Bank BPD DIY sangatlah beragam alias dari berbagai kalangan baik yang melek teknologi maupun gaptek. Salah satunya pedagang pasar rakyat dan UMKM yang mayoritas kurang melek teknologi. Dalam hal ini, Bank BPD DIY membantu para pedagang pasar dengan memberikan edukasi penggunaan QRIS tersebut.

” Edukasi ini dalam rangka supaya mereka bisa mengenal transaksi digital perbankan melalui QRIS. Supaya akses mereka ke perbankan semakin mudah, khususnya mengakses layanan pembiayaan alias kredit,” katanya.
Lebih lanjut, Santoso menjelaskan manfaat penggunaan QRIS bagi para pedagang atau UMKM antara lain transaksi dan omzetnya terdata sehingga memudahkan membuat profil kredit apabila membutuhkan akses pembiayaan perbankan. Hal ini yang dimaksudkan akses perbankan atau industri jasa keuangan dan akses pasar sudah semakin terbuka luas.

” Contohnya nasabah bisa berbelanja dari rumah jika sudah membayar melalui barcode QRIS lalu barang yang sudah dibayar secara digital langsung masuk ke rekening pedagang atau UMKM. Kemudian barangnya bisa dikirim atau diambil alias layanan transaksi tanpa tatap muka sehingga aksesasar akan semakin terbuka,” paparnya.

Menurutnya, ada yang sangat penting dimana pasar tradisional ini sekaligus menjadi salah satu destinasi wisatawan yang jarang membawa uang tunai sekarang. Dengan akses QRIS Bank BPD DIY dapat dimanfaatkan oleh semua kanal pembayaran seperti GoPay, Shopee dan sebagainya. Maka pasarnya akan semakin luas dan siapapun bisa melakukan transaksi di merchant-merchant QRIS Bank BPD DIY.

BERITA REKOMENDASI