Raden Saleh Buktikan Kesaktian Keris Naga Siluman

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Keris peninggalan Pangeran Diponegoro yang akhirnya diketahui bernama Naga Siluman Jawa resmi dikembalikan ke Indonesia oleh Kerajaan Belanda setelah sangat lama tersimpan di Museum Volkenkunde Leiden. Keris yang diberikan langsung oleh Raja Willem Alexander pada Presiden Jokowi, Selasa (10/3/2020) kemarin sekaligus menjadi penanda kunjungan Raja Belanda tersebut ke Indonesia, dan Rabu (11/3/2020) hari ini dijadwalkan penuh ke Yogyakarta.

Dalam sejarah keris pusaka bernama Kyai Nogo Siluman ini dilucuti dalam peristiwa penangkapan Pangeran Diponegoro saat berunding dengan Belanda di Magelang. Konon begitu terpesonanya pihak Belanda dengan pusaka ini, lantas mengirimkannya ke Raja Willem I sebagai hadiah berhasil menghentikan perang Jawa. Belanda kemudian menyimpan keris ini di museum barang langka Koninklijk Kabinet van Zeldsaamheden di The Hague, Belanda Selatan.

Maestro seni lukis Indonesia, Raden Saleh ketika berada di negeri Kincir Angin pernah menyentuh keris Kyai Nogo Siluman dan merasakan aura kesaktiannya. Dalam buku ‘Awal Seni Lukis Modern Indonesia’, Raden Saleh mampu merasakan aura supranatural dari keris Naga Siluman.

Ketika memegang keris Kyai Nogo Siluman, relung batin Raden Saleh bergejolak, hatinya bergetar.”Kyai berarti tuan. Semua yang dimiliki seorang Raja memakai nama ini. Nogo adalah ular dalam dongeng dengan sebuah mahkota di kepalanya.”

BERITA REKOMENDASI