Radio Swadesi Boyong Penghargaan Siaran Ramadan 2021

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Radio Swadesi Jogja (RSJ) 107.8 FM berhasil memenangkan penghargaan Siaran Ramadan 2021 tingkat Nasional. Pemberian penghargaan berlangsung di RRI Jakarta, Jumat (22/10). RSJ mampu bersaing dengan Radio Swasta, LPP dan radio komunitas (rakom) lainnya di seluruh Indonesia.

“Kami memang berkomitmen mengawal siaran yang berkualitas dan bermanfaat untuk publik terutama masyarakat DIY. Siaran keagamaan di masa Ramadan menjadi upaya untuk menjaga iman, ketakwaan dan merawat toleransi kebangsaan. Radio komunitas menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam menyediakan imformasi, hiburan dan edukasi serta perekat sosial,” kata Wakil Ketua KPID DIY Agnes Dwirusjiyati yang turut hadir langsung di Jakarta, Sabtu (23/10).

Menurutnya, syiar keagamaan haruslah berisi narasi yang membangun keimanan, persaudaraan dan keutuhan bangsa. Hal itu yng sudah dilakukan RSJ sehingga berhasil memenangkan penghargaan tersebut. “Selamat untuk Swadesi, berhasil membuktikan kualitasnya dengan nuansa keramahan dalam beragama yang sejatinya mendorong setiap umat semakin humanis,” kata Agnes.

Sementara Owner RSJ, Endra Harsaya atau ang akrab disapa Hendro Plered terus bersyukur kepada Tuhan YME, KPI, MUI dan KPID DIY. Ia mengaku meski hanya radio ‘Ndeso’, tapi mampu mendapatkan penghargaaan diantara ratusan radio se Nusantara. “Terimaksih kepada Swadeser, sedulur dan sesepuh pendengar setia radio swadesi yang loyal, istiqomah, selalu nyetel dan manjer acara Kanggo Uriping Iman (Kauman) yang juga salah satu acara Favorit RSJ,” kata Hendro.

Melalui penghargaan ini ia ingin membuktikan bahwa radio masih mampu sebagai media yang mempunyai tempat dihati masyarakat. “Acara ini sudah berlangsung sejak 2007. Materi pengajian Kauman sebagian besar bersama KH Anwar Zahid. Hasil rekaman kami langsung di lapangan area Jateng DIY. Ada pula yang kami ambil dari ponpes ketika mujahadah ke Bojonegoro,” sebutnya.

Karena itulah, Hendro menyebut Radio Swadesi Jogja selalu mohon doa restu kepada pendengar, swadeser dan sesepuh semoga mampu meningkatkan mutu siaran melalui materi siaran dan kreativitas keradioan. (Feb)

 

 

BERITA REKOMENDASI