Raih Adipura, Upah Tenaga Kebersihan Dijanjikan Naik

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Upah tenaga kebersihan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo dijanjikan naik. Menyusul keberhasilan Purworejo meraih penghargaan Adipura tahun ini.

“Tentu kenaikan itu juga kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM pada Tasyukuran Penerimaan Penghargan Adipura di pendapa rumah dinas bupati setempat, Rabu (16/01/2019).

Tasyukuran melibatkan 243 tenaga kebersihan, dimana 195 orang diantaranya merupakan pegawai harian lepas (PHL) di jajaran Dinas Lingkungan  Hudup (DLH) Purworejo. Menurut Agus Bastian, penghargaan Adipura ini merupakan hal yang istimewa bagi Purworejo yang juga pernah mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun 1994. “Sudah seperempat abad kita menanti penghargaan di bidang kebersihan, dan baru tahun ini kita dapatkan,” jelasnya.

Diakui, perjuangan untuk dapat meraih penghargaan ini, bukan suatu hal yang mudah. Sejak penerimaan Adipura tahun 1994, baru kali ini penghargaan itu diraih Purworejo.

“Setelah tahun 1994, kita hanya mendapat sertifikat. Termasuk tahun 2016, bahkan tahun berikutnya sertifikat itu tidak ada lagi, dan kali ini kita berhasil mendapatkan penghargaan Adipura,” katanya.

Selama ini menurut Kepala DLH Purworejo Ir Al Bambang Setiawan, para tenaga kebersihan itu terbagi dalam dua kelompok, yakni tenaga terampil dan terlatih. Tenaga terampil mendapatkan upah Rp 58.000 per hari, dan tenaga terlatih Rp 48.000 per hari.

“Mereka bekerja tujuh jam setiap hari dengan sistem sif mulai pukul 05.00 hingga pukul 10.00, dan pukul 10.00 hingga pukul 17.00. Dalam satu minggu mereka mendapat jatah libur satu hari,” jelasnya seraya menambahkan, upah mereka akan dinaikkan sekitar Rp 5.000 per hari. (Nar)

BERITA REKOMENDASI