Raih SAKIP ‘AA’ Lagi, Pemda DIY Optimalkan Kinerja Budaya Satriya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Pemda DIY kembali menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang mendapatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat AA dalam Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Tahun 2020 selama tiga tahun berturut-turut. Selain itu, Pemda DIY juga memperoleh capaian kinerja Reformasi Birokrasi (RB) kategori A selama dua tahun berturut-turut. Capaian prestasi tersebut berkat keberhasilan penerapan budaya kinerja namun masih harus diefektifkan.

Penyerahan penghargaan itu diserahkan secara virtual oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo yang diikuti Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono, Kepala Inspektorat DIY Wiyos Santoso dan Plt Kepala Biro Organisasi Setda DIY YB Jarot Budi Harjo di Gedhong Pracimosono Kepatihan, Kamis (22/4).

“Saya tetap mengucapkan terima kasih, tetapi predikat ini sebenarnya menjadi tantangan karena mempertahankan itu lebih susah. Semoga saja kita bisa membuktikan keberlanjutan terjadinya regenerasi ASN di lingkungan Pemda DIY tidak menurunkan performa. Berarti kalau itu yang bisa kita yakini kita ingin tidak punya ketergantungan pada orang lain, tetapi sistem yang dibangun itu memang tahap-tahapnya memang tidak ada yang berlobang,” tutur Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X

Sultan menekankan apabila ada tahapan yang berlobang maka capaian prestasi pasti turun. Regenerasi ASN di lingkungan pemda DIY pun terjadi, namun penggantinya mampu menjaga dan mengaplikasikan. Meskipun penilaian ini sudah tidak mungkin lebih dari predikat AA, tetapi aspek manajemen, strategi maupun kebijakan pasti berubah tergantung tantangan yang dihadapi.

BERITA REKOMENDASI